PENERAPAN TEORI KONSELING PSIKOANALISA DENGAN TEKNIK ASOSIASI BEBAS UNTUK MENINGKATKAN SELF INTRACEPTION PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SERIRIT TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Made Sudarmaya .
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Ps .
  • Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teori konseling psikoanalisa dengan teknik asosiasi bebas untuk dapat meningkatkan self intraception pada siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Seririt. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Seririt. Penelitian ini terdiri dari 4 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment/planing, evaluasi/follow-up dan asosiasi bebas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode 1) observasi, 2) menjalankan siklus I,II,III,IV, 3) Penyebaran Buku Harian, 4) tes kuesioner. Data yang didapatkan dari metode kuesioner selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kategori kurangnya self intraception pada diri siswa pada siklus I dari 28 siswa, 18 orang yang di kategorikan rendah . Jika dibandingkan dengan kategori kurangnya self intraception pada diri siswa pada siklus IV dari 18 jumlah siswa di tingkatkan menjadi 2 siswa,ini berarti sudah ada peningkatan secara signifikan, ini membuktikan bahwa hipotesis dapat diterima. Implikasi dari penelitian ini bahwa dalam upaya meningkatkan self intraception pada diri siswa, guru BK dan guru mata pelajaran perlu memperhatikan hasil penelitian ini sehingga pemanfaatan teori konseling psikoanalisa dengan teknik asosiasi bebas dapat dijadikan salah satu solusi untuk meningkatkan self intraception pada siswa.
Kata Kunci : Teori Konseling Psikoanalisa, Teknik asosiasi bebas, Self intraception.

This research aimed to know whether psychoanalysis counselling theory and asosiasi bebas technique could improve self intraception of XI IPS 1 students at SMAN 1 Seririt. The subject of this reserach was XI IPS 1 students at SMAN 1 Seririt. There were four cycles in this reserach by mean of identification phase, diagnose, prognosa, counseling/treatment/planning, evaluation/follow-up and asosiasi bebas. Data accumulation in this research had been done by using four methods, namely (1) observation, (2) cycles I,II,III,IV, (3) diaries, (4) questionnaire. The data from questionnaire then analyzed by using descriptive analysis method. Based on analysis result, there was student’s lack of self intraception in cycle I which was from 28 students, 18 of them were in low category. When it was compare to student’s self intraception inclination category at the last cycle which was in cycle IV there was improvement from 18 students in low category became 2 students. It was mean that there was significant improvement and the hypothesis could be accepted. The implications in this research was in improving student’s self intraception inclination, BK’s teacher and the other teacher in diffrent subject needed to pay attention on this research’s result so that psikoanalysis counselling theory usage dan asosiasi bebas technique could be beneficial to improve student’s self intraception.
keyword : psikoanalysis counselling theory, asosiasi bebas technique, self intraception

Published

2015-08-03