PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF ENDURENCE SISWA KELAS VIIA3 SMP NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • Putu Edy Juniarta .
  • Dra. Ni Nengah Madri Antari, M.Erg. .
  • Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5824

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan (Action Research In Counseling) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan self endurence siswa kelas VIIA3 SMP Negeri 1 Singaraja setelah dilaksanakan penerapan konseling behavioral dengan teknik modeling.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA3 SMP Negeri 1 Singaraja yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini terdiri dari 4 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment, evaluasi/follow up, dan refleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Self Endurence pola skala linkert dan analisis secara deskriptif serta menggunakan buku harian. Berdasarkan hasil analisi ditemukan bahwa kategori Self Endurence siswa pada siklus I (Bimbingan Klasikal), sangat tinggi 3 orang (10%), Tinggi 8 orang ( 28%), sedang 6 orang (21%) dan Rendah 10 orang (35%) dan sangat rendah 1 orang (3%). Siklus II (Bimbingan Kelompok), sangat tinggi 3 orang (10%), tinggi 15 orang (15%), Rendah 5 orang (17%), dan sedang 4 orang (14%) dan sangat rendah 1 orang (3%). Siklus III (Konseling Kelompok) Sangat Tinggi 3 orang (10%), Tinggi 17 orang (60%) dan sedang 2 orang (7%) dan rendah 4 orang (14%). Pada siklus IV (Konseling Individu) sudah terjadi peningkatan yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuesioner yang diperoleh oleh siswa yaitu siswa yang berkategori sangat tinggi meningkat menjadi 9 orang (32%), siswa yang berkategori tinggi juga mengalami peningkatan menjadi 19 orang (68%). Ini menunjukkan sudah ada peningkatan secara signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling hehavioral dengan teknik modeling efektif digunakan untuk meningkatkan Self Endurence siswa kelas VIIA3 SMP Negeri 1 Singaraja.
Kata Kunci : konseling behavioral, teknik modeling, Self Endurence

This study is an action research (Action Research In Counseling) which aims to determine the increase in self endurence VIIA3 junior higth school of SMP Negeri 1 Singaraja after the application of behavioral counseling conducted by the research modeling.Subjek technique is VIIA3 junior hight school of SMP Negeri 1 Singaraja, amounting to 28 people , The study consisted of four cycles in which each cycle through the stages of identification, diagnosis, prognosis, counseling / treatment, evaluation / follow-up, and reflection. The retrieval of data in this study using a questionnaire Self Endurence pattern linkert scale and descriptive analysis as well as using the diary. Based on the results of the analysis found that the category of Self Endurence students in the first cycle (Guidance classical), very high 3 people (10%), High 8 people (28%), while 6 (21%) and Low 10 people (35%) and 1 person is very low (3%). Cycle II (Guidance Group), a very high 3 people (10%), high 15 (15%), Low 5 people (17%), and were 4 people (14%) and very low 1 person (3%). Cycle III (Counselling) Very High 3 people (10%), High 17 people (60%) and were 2 people (7%) and low 4 people (14%). In the fourth cycle (Individual Counseling) has a pretty good increase. It can be seen from the results of the questionnaire obtained by the students is very high student category increased to 9 people (32%), high category of students also increased to 19 people (68%). It shows already a significant improvement. So it can be concluded that the counseling hehavioral with effective modeling techniques are used to improve Self Endurence VIIA3 grade students of SMP Negeri 1 Singaraja.
keyword : behavioral counseling, modeling techniques, Self Endurence

Published

2015-08-03