EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SHAPING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Kadek Dwi Astri Jayantini .
  • Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd .
  • Drs. I Ketut Gading,M.Psi .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5852

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konseling behavioral dengan teknik shaping efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang berjumlah 66 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah anggota sampel sebanyak 6 orang siswa yang memiliki rasa percaya diri yang rendah. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling behavioral dengan teknik shaping efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t terhadap perbedaan angka rata-rata skor rasa percaya diri setelah perlakuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai t sebesar thitung = 21,060 (p = 0,00) lebih besar dari ttabel (21,060 > 2,571), N = 3 dengan taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci : konseling behavioral dengan teknik shaping, dan percaya diri.

This research aims to find out if counseling behavioral techniques shaping effective for raising confident students. This research is a research experiment with pretest posttest control group design. This research population is grade VIII B and VIII C totalling 66 people. The research sample is taken using a purposive sampling technique with a number of sample members as 6 students who have low confidence. The data collected with a questionnaire and analyzed by t-test. The results showed that counseling behavioral techniques shaping effective for raising confident students, it can be seen from the results of the t-test against the difference in average score confidence after treatment between the experimental and the control group showed a value of thitung = 21,060 (p = 0.00) greater than ttabel (21,060 > 2.571 mg),N = 3 with 5% significance level.
keyword : behavioral counseling with techniques of shaping, and confident.

Published

2015-08-04