PENGARUH PENERAPAN TEORI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MENURUNKAN KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • I Gede Agus Prawira Mahardika .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .
  • Luh Putu Sri Lestari, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5935

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penarikan sampel yang didasarkan pada ciri atau karakteristik yang ditetapkan oleh peneliti sebelumnya yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja yang memiliki kejenuhan (burnout) belajar. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 130 orang siswa. Berdasarkan penyebaran kuesioner kejenuhan belajar di temukan 7 orang siswa yang teridentifikasi memiliki kejenuhan (burnout) belajar. Metode utama dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner kejenuhan belajar, data awal (pretest) dan data akhir (posttest) dan metode pendukung yang digunakan adalah observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teori konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematik untuk menurunkan kejenuhan (burnout) belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa konseling behavioral dengan teknik desensitisasi sistematik efektif menurunkan kejenuhan (burnout) belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil analisis thitung = 2,407 dan ttabel dengan df (db) = 6 dan taraf signifikan 5% adalah 2,365 sehingga diperoleh perbandingan thitung > ttabel (2,407 > 2,365). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan Teknik desensitisasi sistematik efektif untuk menurunkan kejenuhan (burnout) belajar siswa
Kata Kunci : konseling behavioral, teknik desensitisasi sistematik, kejenuhan (burnout) belajar.

This research is research pre-draft research experiments with One Group Pretest – Posttest Design. This research population is grade VIII SMP Negeri 4 Singaraja. The research sample is determined by using purposive sampling technique, namely the withdrawal of samples based on traits or characteristics are determined by previous researchers that is grade VIII SMP Negeri 4 Singaraja that has saturation (burnout) study. The number of samples in this research as much as 4 classes consisting of 130 students. Based on the dissemination of a questionnaire study on the saturation found seven unidentified students who have Burnout (burnout) study. The main method of collecting data using questionnaires saturation study, preliminary data (pretest) and the final data (posttest) and supporting methods used are observation. The purpose of this research is to know the influence of the application of the theory of behavioral counseling with systematic desensitization techniques to lower saturation (burnout) learning in students of class VIII SMP Negeri Singaraja 4 academic year 2014/2015. Based on the results of the analysis, it was found that behavioral counseling with systematic desensitization techniques effectively lower Burnout (burnout) student learning. It is seen from the results of the analysis of thitung and ttabel with 2,407 = df (db) = 6 and a 5% significant level is 2,365 so obtained comparison thitung > ttabel (2,407 > 2,365). Thus, it can be concluded that the counselling Techniques of systematic desensitization with behavioral effectively to lower saturation (burnout) student learning
keyword : : behavioral counseling, systematic desensitization techniques, saturation (burnout) study.

Published

2015-08-11