Pengaruh Konseling Rasional Emotive Behavior Dengan Teknik Emotional Healing Untuk Mengembangkan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas VII SMP Lab. Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015

Authors

  • Febrianti Hidayah Ramdayani .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .
  • Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.6069

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Konseling Rasional Emotive Behavior Dengan Teknik Emotional Healing, dalam mengembangkan penyesuaian sosial siswa kelas VII SMP Lab. Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Lab. Undiksha Singaraja. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penarikan sampel yang didasarkan pada ciri atau karakteristik yang ditetapkan oleh peneliti sebelumnya. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 orang siswa kelas VII.3 dan 5 orang siswa kelas VII.4 yang terindentifikasi memiliki penyesuaian sosial rendah. Metode utama dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner penyesuaian sosial baik pada data pretest maupun pada data akhir posttest untuk komplimenter data, digunakan metode pendukung adalah observasi. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa Rasional Emotive Behavior dengan Teknik Emotional Healing efektif mengembangkan penyesuaian sosial siswa. Hal ini dilihat dari hasil analisis thitung= 3,181 dan ttabel dengan df (db) = 11 dan tarafsignifikansi 5% adalah 2,701 sehingga diperoleh perbandingan thitung>ttabel (3,181 > 2,701). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling rasional emotive behavior dengan Teknik Emotional Healing efektif untuk mengembangkan penyesuaian sosial siswa.
Kata Kunci : Konseling Rasional Emotive Behavior, Teknik Emotional Healing, Penyesuaian Sosial

This research is experimental research study design One Group Pre-TestPost-TestDesign. The purpose of this study was to determine the effect of Rational Emotive Behavior Counseling Emotional Healing Technique in Developing Social Adjustment Seventh Grade Students of Junior Lab. UndikshaSingaraja academic year 2014/2015. This research is experimental research design one group pretest-posttest design. This study population is students of class VII SMP Lab. UndikshaSingaraja. The research sample was determined by using purposive sampling technique sampling based on the traits or characteristics defined by previous researchers. The number of samples in this study were 7 people graders VII.3 and VII.4 grade 5 students were identified to have low social adjustment. The primary method of gathering data using questionnaires social adjustment of the initial data (pretest) and final data (posttest) and a backup method used is observation. Based on the analysis, it was found that the Rational Emotive Behavior Emotional Healing Technique effectively develop students' social adjustment. It is seen from the results of the analysis of t = 3.181 and ttable with df (db) = 11 and signifikasansi level of 5% was thus obtained comparison thitung 2.701> t table (3.181> 2.701). Thus, we can conclude that the rational emotive behavior counseling with Emotional Healing Techniques effectively to develop students' social adjustment.
keyword : Counseling Rational Emotive Behavior , Emotional Healing Techniques , Social Adjustment

Published

2015-10-27