Pengaruh Model Konseling Rasional Emotif Teknik Restrukturisasi Kognitif dan Teknik Latihan Asertif Terhadap Self Disclosure Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja

Authors

  • Ni Komang Tria Hinduani .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Ps .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v4i1.7539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model konseling rasional emotif teknik restrukturisasi kognitif dan teknik latihan asertif terhadap self disclosure siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah rubrik observasi, kuesioner self disclosure, dianalisis dengan teknik analisis statistik t-test non paramterik atau t-Burney dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini yaitu kelompok eksperimen I menghasilkan thitung > ttabel (66,638 > 2,306). Kelompok eksperimen II menghasilkan menghasilkan thitung > ttabel (41,964 > 2,306). Konseling rasional emotif teknik restrukturisasi kognitif dengan teknik latihan asertif memiliki perbedaan skor R1>R2 atau 164>100, hasil hipotesis menunjukkan (20,48 > 5,59). Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh konseling rasional emotif teknik restrukturisasi kognitif terhadap self disclosure siswa, 2) terdapat pengaruh konseling rasional teknik latihan asertif terhadap self disclosure siswa, 3) terdapat perbedaan pengaruh antara konseling rasional emotif teknik restrukturisasi kognitif dengan konseling rasional emotif teknik latihan asertif terhadap self disclosure siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja, dimana teknik restrukturisasi kognitif lebih berpengaruh dalam meningkatkan self disclosure siswa.
Kata Kunci : Konseling Rasional Emotif, Teknik Restrukturisasi Kognitif, Teknik Latihan Asertif, Self Disclosure.

This study aimed to determine the effect of rational emotive cognitive restructuring techniques counseling model with assertive exercises techniques on self disclosure of the eighth grade students of SMP Negeri 3 Singaraja. This research was a quasi-experimental research design with Posttest Only Control Group Design. The samples of this study was done by using purposive random sampling. The research sample consisted of 24 students. The data collection methods used were observation rubric, self disclosure questionnaires, analyzed by statistical analysis techniques non paramtrik t-test or t-Burney and Kruskal Wallis test. The results of this study was the first experimental group produced tcount > ttable (66.638> 2.306). The experimental group II produced tcount > ttable (41.964> 2.306). Counseling rational emotive cognitive restructuring techniques with assertive exercise techniques have different scores R1> R2 or 164> 100, the results of hypothesis shows (20.48> 5.59). From the results, it can be concluded that 1) there is an influence of counseling rational emotive technique of cognitive restructuring to self disclosure students, 2) there is an influence of counseling rational techniques assertive training on self disclosure student, 3) there is a difference in effect between counseling rational emotive technique of cognitive restructuring counseling rational emotive techniques asassertive training on self disclosure of the eighth grade students of SMP Negeri 3 Singaraja, where the technique of cognitive restructuring is more influential in improving students' self disclosure.
keyword : Rational Emotive Counselling, Cognitive Restructuring Techniques, Assertive Training Techniques , Self Disclosure.

Published

2016-07-15