PENGARUH IMPLEMENTASI KONSELING EKSISTENSIAL HUMANISTIK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA TERALIENASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.756Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi konseling Eksistensial Humanistik dengan teknik modeling terhadap peningkatan self-esteem siswa teralienasi di kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pra-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik multi stage sampling, yaitu pengambilan sampel secara bertahap, dari elemen populasi yang lebih besar (yang karakteristiknya sudah pasti) ke elemen populasi yang lebih kecil. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 13 orang siswa kelas VIII yang mengalami alienasi dalam pergaulan di kelasnya. Rancangan penelitian ini adalah one shot case study. Metode pengumpulan data utama yang digunakan adalah sosiometri dan kuesioner. Metode pengumpulan data pendukung yang digunakan adalah observasi.
Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa implementasi konseling Eksistensial Humanistik dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan self-esteem siswa teralienasi. Hal ini dilihat dari hasil analisis thitung = 24,6 dan ttabel dengan df(db)=12 dan taraf signifikansi 5% adalah 2,179, sehingga diperoleh perbandingan thitung > ttabel (24,6 > 2,179). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “terdapat Pengaruh Implementasi Konseling Eksistensial Humanistik dengan Teknik Modeling terhadap Peningkatan Self-Esteem Siswa Teralienasi di Kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013”. Sebagai implikasi penelitian ini diharapkan dapat diwacanakan sebagai salah satu model pelatihan bagi guru pembimbing di sekolah-sekolah untuk menumbuhkembangkan self-esteem siswa sehingga mencapai perkembangan yang optimal dalam setiap tugas perkembangannya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.