PENGARUH IMPLEMENTASI KONSELING EKSISTENSIAL HUMANISTIK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA TERALIENASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Authors

  • Ida Ayu Sanisca Nanda College students

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.756

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi konseling Eksistensial Humanistik dengan teknik modeling terhadap peningkatan self-esteem siswa teralienasi di kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013.

Penelitian ini menggunakan pendekatan pra-eksperimen. Populasi  penelitian  ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik multi stage sampling, yaitu pengambilan sampel secara bertahap, dari elemen populasi yang lebih besar (yang karakteristiknya sudah pasti) ke elemen populasi yang lebih kecil. Sampel dalam  penelitian  ini  adalah sebanyak 13  orang  siswa  kelas  VIII yang mengalami alienasi dalam pergaulan di kelasnya. Rancangan penelitian ini adalah one shot case study. Metode pengumpulan data utama yang digunakan adalah sosiometri dan kuesioner. Metode pengumpulan data pendukung yang digunakan adalah observasi.

Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa implementasi konseling  Eksistensial Humanistik dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan self-esteem siswa teralienasi. Hal ini dilihat dari hasil analisis thitung = 24,6 dan ttabel dengan df(db)=12 dan taraf signifikansi 5% adalah 2,179, sehingga diperoleh perbandingan thitung > ttabel (24,6 > 2,179). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “terdapat Pengaruh Implementasi Konseling Eksistensial Humanistik dengan Teknik Modeling terhadap Peningkatan Self-Esteem Siswa Teralienasi di Kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013”. Sebagai  implikasi  penelitian  ini  diharapkan  dapat  diwacanakan  sebagai salah satu model pelatihan bagi guru pembimbing di sekolah-sekolah untuk menumbuhkembangkan self-esteem siswa sehingga mencapai perkembangan yang optimal dalam setiap tugas perkembangannya.

Downloads

Published

2013-07-02