EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN INTERMITTEN UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.764Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral dengan teknik penguatan intermitten untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Sukasada.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment/planing, evaluasi/follow-up, dan refleksi. Proses pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan kuesioner disiplin belajar dengan pola skala likert dan dianalisis secara deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa diperoleh kategori disiplin belajar siswa pada siklus I adalah kategori sangat baik sebanyak 11 orang siswa (33%) , kategori baik sebanyak 16 orang siswa (48%), kategori cukup baik sebanyak 3 orang (9%), kategori kurang baik sebanyak 3 orang (9%), dan tidak ada siswa yang memiliki kategori sangat kurang baik. Sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh kategori sangat baik sebanyak 13 orang (39%), kategori baik sebanyak 20 orang (61%) dan tidak ada siswa yang berada pada kategori cukup baik, kurang baik, dan sangat kurang baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa konseling behavioral dengan teknik penguatan intermitten efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.