EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN INTERMITTEN UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 SUKASADA

Authors

  • PUTU RIMA INDRAYANI
  • NI KETUT SUARNI
  • MUDJIJONO MUDJIJONO MUDJIJONO

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.764

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral dengan teknik penguatan intermitten untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Sukasada.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment/planing, evaluasi/follow-up, dan refleksi. Proses pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan kuesioner disiplin belajar dengan pola skala likert dan dianalisis secara deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa diperoleh kategori disiplin belajar siswa pada siklus I adalah kategori sangat baik  sebanyak 11 orang siswa (33%) , kategori baik  sebanyak 16 orang siswa (48%), kategori cukup baik  sebanyak 3 orang (9%), kategori kurang baik sebanyak 3 orang  (9%), dan tidak ada siswa yang memiliki kategori sangat kurang baik. Sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh kategori sangat baik sebanyak 13 orang (39%), kategori baik sebanyak 20 orang (61%) dan tidak ada siswa yang berada pada kategori cukup baik, kurang baik, dan sangat kurang baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa konseling behavioral dengan teknik penguatan intermitten efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.

Downloads

Published

2013-07-02