PENERAPAN KONSELING RASIONAL EMOTIF DENGAN TEKNIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE SISWA KELAS X.6 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • DEWA AYU DESSY MAHASISWA
  • KADEK SURANATA SURANATA DOSEN
  • NI MADE SETUTI DOSEN

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.767

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Layanan Bimbingan Konseling yang bertujuan untuk meningkatkan self-disclosure siswa dengan penerapan konseling Rasional Emotif dengan Teknik Kognitif.

Subyek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang siswa kelas X.6 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013 yang memiliki self disclosure yang rendah. Data tersebut diperoleh data primer atau data utama yaitu angket Johari Windows dari pra siklus sampai siklus II. Metode observasi dan wawancara juga digunakan sebagai metode komplementer yang mendukung dari data primer tersebut. Data primer dalam bentuk angket Johari Windows yang di peroleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis.

Hasil penelitian dari pra siklus diperoleh rata-rata pencapain self disclosure terhadap 3 siswa sebesar 61% dengan kategori sedang. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata 15% dengan kategori tinggi. Dari hasil siklus I ternyata 2 siswa yang dikategorikan tinggi dan 1 siswa yang dikategorikan sedang sehingga perlu dilanjutkan treatment pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata peningkatan 11% dengan kategori tinggi. Artinya siswa sudah bisa membuka diri, berpikiran rasional, mengeksplorasi diri, mengekspresikan diri dan lainnya. Data diperkuat dari petak Johari Windows yang dibuat oleh siswa setiap siklusnya. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengeksplorasi diri, mengekpresikan diri sehingga memiliki keterbukaan diri yang baik dan dapat produktif dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2013-07-02