PENERAPAN KONSELING RASIONAL EMOTIF DENGAN TEKNIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE SISWA KELAS X.6 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.767Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Layanan Bimbingan Konseling yang bertujuan untuk meningkatkan self-disclosure siswa dengan penerapan konseling Rasional Emotif dengan Teknik Kognitif.
Subyek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang siswa kelas X.6 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013 yang memiliki self disclosure yang rendah. Data tersebut diperoleh data primer atau data utama yaitu angket Johari Windows dari pra siklus sampai siklus II. Metode observasi dan wawancara juga digunakan sebagai metode komplementer yang mendukung dari data primer tersebut. Data primer dalam bentuk angket Johari Windows yang di peroleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis.
Hasil penelitian dari pra siklus diperoleh rata-rata pencapain self disclosure terhadap 3 siswa sebesar 61% dengan kategori sedang. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata 15% dengan kategori tinggi. Dari hasil siklus I ternyata 2 siswa yang dikategorikan tinggi dan 1 siswa yang dikategorikan sedang sehingga perlu dilanjutkan treatment pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata peningkatan 11% dengan kategori tinggi. Artinya siswa sudah bisa membuka diri, berpikiran rasional, mengeksplorasi diri, mengekspresikan diri dan lainnya. Data diperkuat dari petak Johari Windows yang dibuat oleh siswa setiap siklusnya. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengeksplorasi diri, mengekpresikan diri sehingga memiliki keterbukaan diri yang baik dan dapat produktif dalam kehidupan sehari-hari.Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.