PENERAPAN MODEL KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK PEMBIASAAN MELALUI KONSELING KELOMPOK MENANGGULANGI KESULITAN BELAJAR SISWA X.AP4 SMKN 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • NI MADE WIRNAWATI MAHASISWA
  • MADE SULASTRI SULASTRI DOSEN
  • KADEK SURANATA SURANATA DOSEN

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.768

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan layanan bimbingan konseling yang bertujuan mengetahui penerapan konseling behavioral teknik pembiasaan untuk menanggulangi kesulitan belajar siswa.

Subjek dalam penelitian sebanyak 12 siswa kelas X.AP4 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013 yang memiliki kesulitan belajar.Hasil tersebut diperoleh dari data primer atau data utama yaitu tes AUM PTSDL2 dari pra siklus sampai siklus II. Metode observasi dan wawancara digunakan sebagai metode komplementer yang mendukung data primer.Data primer dalam bentuk tes AUM PTSDL2 yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan software AUM PTSDL2.

Hasil penelitian siklus I sampai siklus II menunjukkan peningkatan mutu belajar sehingga dapat  menanggulangi kesulitan belajar. Pada siklus I terjadi peningkatan mutu belajar dari skor awal di bawah 181 sampai 200 menjadi di atas 181 sampai 200 yang dicapai oleh 8 orang siswa sedangkan 4 siswa masih berada di bawah skor 181 sampai 200 sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II 4 siswa yang masih memiliki skor di bawah 181 sampai 200 diberikan kembali konseling kelompok dengan teknik pembiasaan. Proses konseling kelompok di siklus II terjadi peningkatan pada 4 siswa tersebut yang sudah mencapai skor di atas 181 sampai 200  dengan kategori masalah rendah mutu belajar tinggi. Artinya siswa sudah dapat menanggulangi kesulitan belajarnya ditunjukkan peningkatan prilaku siswa sudah bisa berkonsentrasi, tidak mengantuk, menunjukkan motivasi belajar serta keseriusan untuk bersekolah, dan sudah bisa mengatur waktu belajar dengan baik. Hasil penelitian ini disarankan agar siswa menyadari kewajibannya sebagai siswa agar belajar dengan baik dan siswa dapat belajar sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Downloads

Published

2013-07-02