PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA

Authors

  • KOMANG ARY SARASWATI MAHASISWA
  • NYOMAN DANTES DANTES DOSEN
  • MADE SULASTRI SULASTRI DOSEN

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.769

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling behavioral teknik penguatan positif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi antar pribadi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A pemasaran SMK Negeri 1 Singaraja. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, mulai dari perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data keterampilan berkomunikasi diukur dengan menggunakan rubrik penilaian komunikasi. Selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling behavioral teknik penguatan positif efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi antar pribadi siswa. Efektivitas itu terlihat dari perlakuan sebelum tindakan dengan persentase pencapaian  siswa yaitu dari 56,04 menjadi 69,38 dan rata-rata peningkatan gain score adalah 13,33% dan rata-rata peningkatan gain score normalisasi adalah 32,82% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II pencapaian siswa yaitu dari 61,25% menjadi 81,25% dan rata-rata peningkatan gain score adalah 20% dan rata-rata peningkatan gain score normalitas adalah 32,98%. Peningkatan persentase  keterampilan berkomunikasi antar pribadi siswa dari siklus I ke siklus II yang sangat baik terjadi, karena disebabkan oleh adanya motivasi yang besar untuk mengikuti bimbingan dengan penuh antusias dan belajar untuk berani mengemukakan pendapat dan siswa juga memperoleh pemahaman baru.

Downloads

Published

2013-07-02