PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.769Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling behavioral teknik penguatan positif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi antar pribadi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A pemasaran SMK Negeri 1 Singaraja. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, mulai dari perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data keterampilan berkomunikasi diukur dengan menggunakan rubrik penilaian komunikasi. Selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling behavioral teknik penguatan positif efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi antar pribadi siswa. Efektivitas itu terlihat dari perlakuan sebelum tindakan dengan persentase pencapaian siswa yaitu dari 56,04 menjadi 69,38 dan rata-rata peningkatan gain score adalah 13,33% dan rata-rata peningkatan gain score normalisasi adalah 32,82% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II pencapaian siswa yaitu dari 61,25% menjadi 81,25% dan rata-rata peningkatan gain score adalah 20% dan rata-rata peningkatan gain score normalitas adalah 32,98%. Peningkatan persentase keterampilan berkomunikasi antar pribadi siswa dari siklus I ke siklus II yang sangat baik terjadi, karena disebabkan oleh adanya motivasi yang besar untuk mengikuti bimbingan dengan penuh antusias dan belajar untuk berani mengemukakan pendapat dan siswa juga memperoleh pemahaman baru.Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.