PENERAPAN KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTU MEMINIMALISASI PERILAKU BULLYING SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.780Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling analisis transaksional dengan teknik role playing untuk meminimalisasi perilaku bullying terhadap siswa kelas VIII B6 di SMP Negeri 6 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Janis penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research in counseling). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B6 SMP Negeri 6 Singaraja.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment/planning, evaluasi/follow up, dan refleksi. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner perilaku bullying dengan pola skala likert dan dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penurunan perilaku bullying pada siswa yang menunjukkan perilaku bullying tinggi. Penurunan perilaku bullying siswa adalah sebagai berikut: pada tahap awal pengambilan data dari rata-rata persentase 70% menjadi 58% di siklus I, terjadi penurunan 12%, dan penurunan siklus I rata-rata persentase 58% di siklus II dari rata-rata persentase 45% menurun 13%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan konseling analisis transaksional dengan teknik role playing efektif untuk meminimalisasi perilaku bullying siswa.Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.