PENERAPAN MODEL KONSELING CLIENT CENTERED TEHNIK SELF UNDERSTANDING UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XC AP SMKN 1 SINGARAJA

Authors

  • AYU SRI ADNYANI MAHASISWA
  • NI KETUT SUARNI DOSEN
  • MADE SULASTRI SULASTRI DOSEN

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.781

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kecerdasan emosional siswa setelah diterapkan model konseling client centered tehnik self understanding siswa kelas XC AP SMKN 1 Singaraja. Penelitian ini difokuskan terhadap sikap siswa yang menunjukkan kecerdasan emosional yang kurang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan dalam bimbingan konseling (Action Reseach In Counseling).

Subjek penelitian adalah siswa kelas XC AP SMKN 1 Singaraja. Jumlah yang diteliti sebanyak  28 orang, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Untuk memperoleh data digunakan kuesioner. Data yang diperoleh adalah data kecerdasan emosional.

Hasil dari penelitian adalah siklus awal ditunjukkan masih ada 8 dari 28 siswa yang masih belum mencapai skor minimal yaitu 70. Siklus I terdapat 2 dari 28 siswa yang belum mencapai target. Setelah diberikan tindakan ternyata terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pengembangan kecerdasan emosional siswa dari 67% menjadi 74% peningkatannya adalah 11%, sedangkan siklus II pencapaian peningkatannya yaitu dari 74% menjadi 84% dan peningkatannya adalah 25% dan mencapai ketuntasan 100%. Maka dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan sebesar 25%. Hasil penelitian menunjukkan  adanya peningkatan kecerdasan emosional siswa dari sebelum tindakan dengan sesudah tindakan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bimbingan konseling client centered dengan tehnik self understanding sangat efektif digunakan untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa.

Downloads

Published

2013-07-03