Efektifitas Konseling Behavioral Teknik Role Playing Dan Penguatan Intermiten Untuk Meningkatkan Self Disclosure Siswa Kelas X MIA SMA N 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016

Authors

  • Lely Lutfiyah .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .
  • Luh Putu Sri Lestari, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v5i1.7813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas konseling behavioral teknik role playing dan teknik penguatan intermiten untuk meningkatkan self disclosure pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Singaraja dengan populasi penelitian sejumlah 256 orang pada kelas X MIA Tahun Pelajaran 2015/2016. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah 18 orang siswa. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif tentang peningkatan self disclosure. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik t burney dan Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling behavioral behavioral teknik role playing dan teknik penguatan intermiten efektif meningkatkan self disclosure siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis nilai thitung lebih besar dari ttabel untuk hipotesis 1, 64,6>2.571, untuk hipotesis 2, 59,6>2.776 dengan taraf signifikansi 5%. sedangkan untuk hipotesis 3, dilakukan uji signifikan dengan membandingkan nilai H dengan X2kw (α) (k-1) pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai X2 0,05 (3-1) adalah 5,591. Jika dibandingkan maka diperoleh H > X2kw (α) (k-1) (26,2 > 5,591). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa 1) hasil penelitian dinyatakan signifikan dengan kata lain hipotesis penelitian diterima. 2) ada perbedaan peningkatan self disclosure antara siswa yang diberikan Konseling Behavioral Teknik role playing dengan siswa yang tidak diberikan Konseling Behavioral teknik Role Playing. 3) ada perbedaan peningkatan self disclosure antara siswa yang diberikan Konseling Behavioral Teknik role playing dengan siswa yang diberikan Konseling Behavioral Teknik Penguatan intermiten.
Kata Kunci : Kata-kata kunci: Konseling Behavioral, Teknik Role Playing, Teknik Penguatan Intermiten, Self Disclosure.

This research aims to determine the effect of behavioral counseling by modeling techniques and positive reinforcement techniques to improve time management skills in class X MIA SMA Negeri 1 Singaraja. This research is experimental research design using pretest-posttest control group design. This research was conducted in SMA Negeri 1 Singaraja with a study population of 256 people in the class X MIA in the academic year 2015/2016. Determination of the sample using purposive sampling technique with a number of 18 students. Types of data collected is quantitative and qualitative data about the increase of self-disclosure. Data collection methods used were questionnaires. Data were analyzed using statistical analysis t Burney and Kruskal Wallis. Results showed that behavioral counseling role playing and behavioral techniques intermittent reinforcement techniques effectively improve students' self disclosure, it is seen from the analysis tcount greater than ttable for hypothesis 1, 64.6> 2571, for the second hypothesis, 59.6> 2,776 with significance level of 5%. while for the third hypothesis, made significant test by comparing the value of H with X2kw (α) (k-1) at a significance level of 0.05 with a value of 0.05 X2 (3-1) was 5.591. If we compare the obtained H> X2kw (α) (k-1) (26.2> 5.591). Based on these results, we can conclude that 1) the results of the research was significant in other words, the research hypothesis is accepted. 2) There is an increase in self-disclosure among students given Behavioral Counseling Techniques role playing with students who are not given Behavioral Counseling Role Playing technique. 3) There is an increase in self-disclosure among students given Behavioral Counseling Techniques role playing with students given intermittent Strengthening Techniques Behavioral Counseling
keyword : Key words: Behavioral Counseling, Role playing Techniques, Positive Reinforcement intermiten, Self Disclosure.

Published

2016-07-25