Perbedaan Pengaruh Model Konseling Behavioral Teknik Modeling Dengan Teknik Penguatan Positif Terhadap Kemampuan Manajemen Waktu Pada Siswa Kelas X MIPA di SMA Negri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016

Authors

  • Ni Made Ayu Resa Meliani .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .
  • Putu Ari Dharmayanti, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v5i1.7818

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh konseling behavioral dengan teknik modeling dan teknik penguatan positif dalam meningkatkan kemampuan manajemen waktu pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Singaraja dengan populasi penelitian sejumlah 52 orang pada kelas X MIA Tahun Pelajaran 2015/2016. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah 18 orang siswa. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif tentang peningkatan kemampuan manajemen waktu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik Mann-Whitney dan Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling behavioral teknik modeling dan konseling behavioral teknik penguatan positif berpengaruh terhadap kemampuan manajemen waktu siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis nilai thitung lebih besar dari ttabel (57,38>5,991) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa 1) hasil penelitian dinyatakan signifikan dengan kata lain hipotesis penelitian diterima sehingga terdapat perbedaan kemampuan manajemen waktu terhadap implementasi beberapa teknik konseling. 2) ada perbedaan kemampuan manajemen waktu antara siswa yang diberikan Konseling Behavioral Teknik Modeling dengan siswa yang tidak diberikan Konseling Behavioral teknik Modeling. 3) ada perbedaan Kemampuan Manajemen Waktu antara siswa yang diberikan Konseling Behavioral Teknik Penguatan Positif dengan siswa yang tidak diberikan Konseling Behavioral Teknik Penguatan Positif. 4) tidak ada perbedaan Kemampuan Manajemen Waktu antara siswa yang diberikan Konseling Behavioral Teknik Modeling dengan siswa yang diberikan Konseling Behavioral Teknik Penguatan Positif.
Kata Kunci : Konseling Behavioral, Teknik Modeling, Teknik Penguatan Positif, Manajemen Waktu.

This research aims to determine the effect of behavioral counseling by modeling techniques and positive reinforcement techniques to improve time management skills in class X SMA Negeri 2 Singaraja MIA. This research is experimental research design using pretest-posttest control group design. This research was conducted in SMA Negeri 2 Singaraja with 52 population in the class X MIA in the academic year 2015/2016. Determination of the sample using purposive sampling technique with 18 students. Types of data collected is quantitative and qualitative data about the increased of time management skills. Data collection methods used were questionnaires. Data were analyzed using statistical analysis Mann-Whitney and Kruskal Wallis. Results showed that behavioral counseling modeling techniques and positive reinforcement behavioral counseling techniques affect of the time management skills of students, it is seen from the results of the analysis of t count is more bigger than t table (57.38> 5.991) with a significance level of 5%. Based on these results, we can conclude that 1) the results of the research was significant in other words, the research hypothesis is accepted that there are differences in the ability of time management on the implementation of some of the techniques of counseling. 2) there is a difference between the time management skills of students who are given counseling Behavioral Modeling Techniques with students who are not given counseling Behavioral Modeling techniques. 3) No difference between the Time Management Capabilities students given Behavioral Counseling Positive Reinforcement Technique with students who are not given Behavioral Counseling Positive Reinforcement Technique. 4) there is no difference between students' Time Management Capabilities given Counseling Behavioral Modeling Techniques with students given Behavioral Counseling Positive Reinforcement Technique.
keyword : Behavioral Counseling, Modeling Techniques, Positive Reinforcement Technique, Time Management

Published

2016-07-25