EFEKTIVITAS MODEL KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN AFILIASI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • I Komang Juri Artha .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .
  • Putu Ari Dharmayanti, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v5i1.7819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model konseling behavioral dengan teknik modeling dan teknik penguatan positif untuk meningkatkan afiliasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Singaraja dengan populasi penelitian sejumlah 39 orang pada kelas X Tahun Pelajaran 2015/2016. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah 18 orang siswa. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif tentang peningkatan afiliasi siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik Mann-Whitney dan Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling behavioral teknik modeling dan konseling behavioral teknik penguatan positif berpengaruh terhadap kemampuan manajemen waktu siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis nilai thitung lebih besar dari ttabel (14>5,991) dengan taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci : Afiliasi, Behavioral, Modeling, Penguatan Positif,

This study aims to determine the effectiveness of behavioral counseling model by modeling techniques and positive reinforcement techniques to improve affiliate class X SMA Negeri 3 Singaraja. This research is experimental research design using pretest-posttest control group design. This research was conducted at SMA Negeri 3 Singaraja with a population of some 39 studies in class X in the academic year 2015/2016. Determination of the sample using purposive sampling technique with a number of 18 students. Types of data collected is quantitative and qualitative data about the increase in student affiliates. Data collection methods used were questionnaires. Data were analyzed using statistical analysis Mann-Whitney and Kruskal Wallis. Results showed that behavioral counseling modeling techniques and positive reinforcement behavioral counseling techniques affect the time management skills of students, it is seen from the results of the analysis of the value of t is greater than t table (14> 5.991) with a significance level of 5%.
keyword : Affiliation,Behavioral,Modeling,Positive Reinforcement

Published

2016-07-25