Pengaruh Konseling Behavioral Teknik Latihan Asertif dan Tipe Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sawan

Authors

  • Made Ayu Suratmi .
  • Dr. I Ketut Gading,M.Psi .
  • Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v5i1.7830

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling behavioral teknik latihan asertif dan tipe belajar terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan rancangan Two Factor Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawan berjumlah 76 siswa. Sampel diperoleh menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 40 orang dan dibagi menjadi empat kelompok. Data diperoleh dengan metode kuesioner dan hasil ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mendapatkan konseling behavioral teknik latihan asertif dengan siswa yang tidak mendapatkan konseling behavioral teknik latihan asertif (F= 47,127; p<0,05). (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki tipe belajar auditori dengan siswa yang memiliki tipe belajar visual (F= 256,582; p<0,05). (3) Terdapat pengaruh interaksi antara konseling behavioral dengan tipe belajar terhadap prestasi belajar siswa (F= 118,145; p<0,05). Berdasarkan hasil uji Tukey menunjukkan bahwa konseling behavioral teknik latihan asertif berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan tipe belajar auditori, sedangkan konseling behavioral teknik latihan asertif tidak berpengaruh pada siswa dengan tipe belajar visual.
Kata Kunci : Konseling Behavioral, Teknik Latihan Asertif, Tipe Belajar, Prestasi Belajar

The purpose of this study is to know the influence of counseling behavior technique assertive exercise and learning type toward the learning achievement of the tenth grade students at SMA N 1 Sawan. This research was a quasi experiment research with Two Factor Design. The population inthis research was 76 students of the tenth year students at SMA N 1 Sawan. The sample used simple random sampling with the total 40 students and divided into four groups. The data collected by using questionnaire and the result of summative test method. The results of the data were analyzed by using two ways ANAVA. The result of the research: (1) there was difference of learning achievement between the students who treated with counseling behavior technique assertive exercise (F= 47,127; p<0,05). (2) there was difference learning achievement between students with auditory learning’s type and those students with visual learning’s type (F= 256,582; p<0,05). (3) There was interaction influence between counseling behavior with learning’s type toward student’s learning achievement (F= 118,145; p<0,05). Based on the result of Tukey judge, it revealed that counseling behavioral technique assertive exercise influenced for improving the students learning achievement with auditory learning’s type, while counseling behavior technique assertive exercise did not have influence toward the students with visual learning’s type.
keyword : Counseling Behavior, Assertive Exercise Technique, Learning’s Type, Learning Achievement.

Published

2016-07-25