Pengaruh Konseling Rasional Emotif Formula ABC Untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Self Regulated Learning Siswa Kelas X SMAN 1 Sukasada
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.797Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh konseling rasional emotif formula ABC dalam meningkatkan self efficacy siswa, (2) mengetahui pengaruh konseling rasional emotif formula ABC dalam meningkatkan self regulated learning siswa, (3) mengetahui adanya perbedaan pengaruh antara kelompok konseling rasional emotif formula ABC dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan di sekolah tanpa konseling rasional emotif formula ABC dalam meningkatkan self efficacy dan self regulated learning siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bimbingan konseling dengan rancangan penelitian pretest-posttest-control group design. Sampel penelitian ini adalah 16 orang siswa kelas X SMAN 1 Sukasada. Untuk memperoleh data digunakan metode kuesioner. Data yang diperoleh berupa data tentang self efficacy dan self regulated learning siswa.
Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa (1) konseling rasional emotif formula ABC berpengaruh dalam meningkatkan self efficacy siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukasada ini dilihat dari hasil analisis nitai thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5 %, (2) konseling rasional emotif formula ABC berpengaruh dalam meningkatkan self regulated learning siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukasada, ini dilihat dari hasil analisis nitai thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5 %, (3) terdapat perbedaan pengaruh kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam meningkatkan self efficacy dari hasil thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5 % dan self regulated learning hasil thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5 %. Hal ini berarti konseling rasional emotif formula ABC berpengaruh terhadap peningkatan self efficacy dan self regulated learning siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukasada.Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.