Pengaruh Konseling Rasional Emotif Formula ABC Untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Self Regulated Learning Siswa Kelas X SMAN 1 Sukasada

Authors

  • PUTU DEWI ANTARI MAHASISWA
  • NI KETUT SUARNI DOSEN
  • NENGAH MADRI ANTARI DOSEN

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh konseling rasional emotif formula ABC dalam meningkatkan self efficacy siswa, (2) mengetahui pengaruh konseling rasional emotif formula ABC dalam meningkatkan self regulated learning siswa, (3) mengetahui adanya perbedaan pengaruh antara kelompok konseling rasional emotif formula ABC dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan di sekolah tanpa konseling rasional emotif formula ABC dalam meningkatkan self efficacy dan self regulated learning siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bimbingan konseling dengan rancangan penelitian pretest-posttest-control group design. Sampel penelitian ini adalah 16 orang siswa kelas X SMAN 1 Sukasada. Untuk memperoleh data digunakan metode kuesioner. Data yang diperoleh berupa data tentang self efficacy dan self regulated learning siswa.

Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa (1) konseling rasional emotif formula ABC berpengaruh dalam meningkatkan self efficacy siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukasada ini dilihat dari hasil analisis nitai thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5 %,  (2) konseling rasional emotif formula ABC berpengaruh dalam meningkatkan self regulated learning siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukasada, ini dilihat dari hasil analisis nitai thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5 %,  (3) terdapat perbedaan pengaruh kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam meningkatkan self efficacy dari hasil thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5 % dan self regulated learning hasil thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5 %. Hal ini berarti konseling rasional emotif formula ABC berpengaruh terhadap peningkatan self efficacy dan self regulated learning siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukasada.

Downloads

Published

2013-07-04