Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving dalam Penurunan Tingkat Stres Akademik Siswa

Authors

  • Ayu Ashari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Fauziah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.82621

Keywords:

Layanan Bimbingan kelompok, Stres Akademik , Teknik Problem Solving

Abstract

Stres akademik adalah stres yang berhubungan dengan kegiatan belajar siswa di sekolah, berupa ketegangan-ketegangan yang bersumber dari faktor akademik yang dialami siswa, sehingga mengakibatkan terjadinya distorsi pada pikiran siswa dan mempengaruhi fisik, emosi, dan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam penurunan tingkat stres akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan design one group pretest- posttest. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan mengggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 8 orang yang akan diberikan perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Hasil analisis penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunakan perhitungan SPSS 23 menunjukkan bahwa sebelum diterapkan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok hasil rata- rata pretest 66.50 dan setelah diterapkan perlakuan atau diberikan layanan bimbingan kelompok hasil rata rata posttest menurun menjadi 42,6250 sehingga ada perubahan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Berdasarkan uji wilcoxon diperolehh bahwa nilai z-hitung sebesar -2.530 dengan nilai P-value (Asymp. Sig. 2- tailed) sebesar 0.011. karena nilai P-value < a (0,011< 0,05), maka hipotesis yang diterima adalah Ha. Dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat menurunkan tingkat stres akademik siswa.

References

Andini, S. D., Rakhmawati, D., & Ajie, G. R. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Stress Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikoedukasia, 1(2), 1–23. https://journal2.upgris.ac.id/index.php/pedu/article/view/186.

Ariyani, E. D., & Hadiani, D. (2020). Hubungan Pola Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Prestasi Akademik Mahasiswa. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 141–149. https://doi.org/https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.849.

Azmi, F., Halimah, S., & Pohan, N. (2017). Pelaksanaan Pembimbingan Belajar Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 1(1), 15–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v1i2.853.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005.

Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Konseling dan Pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. http://www.jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/198.

Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17–23. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.131.

Fadri, N., & Khafid, M. (2018). Peran Kecerdasan Spiritual Memoderasi Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Dan Self-Efficacy Terhadap Kecurangan Akademik. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 430–448. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28250.

Fatmawati, F. (2018). Hubungan Antara Kejenuhan Belajar Dengan Stres Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(4), 462–467. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4666.

Ilmiati, E. (2020). Penggunaan Teknik Problem Solving dalam Bimbingan Kelompok untuk Menurunkan Kesulitan Belajar Siswa SMP. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 53–58. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i1.17.

Insani, B., Asradi, & Yaksa, R. A. (2022). Faktor Penyebab Perilaku Cyberbullying pada Peserta Didik. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.37411/jgcj.v3i1.1254.

Ishartono, B., Ashadi, & Susilowati, E. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Peer Tutoring dilengkapi Hierarki Konsep Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Materi Stoikiometri Pada Siswa Kelas X IPA 6 SMAN 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 10–19. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4710.

Jannah, A. B. N., Kholili, M. I., & Hidayat, R. R. (2022). Stres Akademik dalam Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh: Perbedaan Gender. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 6(1), 35. https://doi.org/10.20961/jpk.v6i1.62485.

Josephine, F. R., Orenda, C., & Silalahi, L. R. (2023). Terapi musik dan anak autisme: Sebuah tinjauan literatu. EKSPRESI: Indonesian Art Journal, 12(1), 26–33. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/ekp.v12i1.10550.

Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dan strategi untuk meningkatkannya. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 67(9), 455–460. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-67.pdf.

Linuriya, E. (2022). Peran Guru BK dalam Mengoptimalkan Prestasi Akademik Anak Slow Learner di SMP N 13 Bayung Lencir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1967–1971. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4996.

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454.

Mardianti, L., & Dharmayana, W. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Instruksi Diri Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Siswa. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 93–105. https://doi.org/10.33369/consilia.3.1.93-105.

Mitra, M. (2015). Permasalahan Anak Pendek (Stunting) dan Intervensi untuk Mencegah Terjadinya Stunting (Suatu Kajian Kepustakaan). ,. Jurnal Kesehatan Komunitas, 2(6), 254–261. https://doi.org/10.25311/keskom.Vol2.Iss6.85.

Mulyaniasih, Y. (2014). Pengaruh Pemahaman Pendidik Tentang Anak Usia Dini, Kompetensi Pendidik Dan Sarana Prasarana Terhadap Kemampuan Potensi Anak Pada Paud An-Nuur Sleman Tahun Pelajaran 2013/2014. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.30738/wd.v3i2.2144.

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 67–82. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466.

Nurcahyani, I., & Fauzan, L. (2016). Efektivitas Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Behavioral Untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa Sma. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p001.

Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/22885.

Putra, R. P. R., Supraptono, E., & Wibowo, H. (2016). Modul belajar elektronik pada materi ajar merakit personal computer. Edu Komputika Journal, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v3i1.20501.

Rahmawati, D., Fahrudin, A., & Abdillah, R. (2021). Hubungan Kontrol Diri dengan Stres Akademik Akibat Pembelajaran Hybrid dalam Masa Pandemi COVID-19 di SMK X Kota Bekasi. KHIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, 2(2), 135–153. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/14124.

Rizkiah, A., Risanty, R. D., & Mujiastuti, R. (2020). Sistem Pendeteksi Dini Kesehatan Mental Emosional Anak Usia 4-17 Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2), 83. https://doi.org/10.24853/justit.10.2.83-93.

Rohmatun, S., & Maryatun, M. (2022). Intervensi Mindfulness Spiritual Islam Sebagai Upaya Penurunan Tingkat Kecemasan Upaya Kesehatan Jiwa Bagi Mahasiswa Keperawatan. Avicenna: Journal of Health Research, 5(2). https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i2.689.

Sintiani, G. A., Sulindawati, N. L. G. E., & Herawati, N. T. (2018). Analisis Pengaruh Academic Self Efficacy Dan Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Academic Fraud) (Studi Kasus Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi S1), 9(1), 201–211. https://doi.org/10.23887/jimat.v9i1.20504.

Siswa, A., Viii, K., & Darangdan, S. (2023). Pengembangan modul bimbingan kelompok dengan teknik eft (. 6(3), 239–249. https://doi.org/10.22460/fokusv6i3.14296.

Yulmi, D., Efeni, C. E., Ulfah, S., Nizhomy, R., Dinung, A., & Karimah, H. (2017). Kerjasama Personil Sekolah dalam Pelayanan BK di Sekolah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–5. https://doi.org/10.29210/3003213000.

Downloads

Published

2024-07-31