Bimbingan Pranikah terhadap Tingkat Kesiapan Calon Pengantin dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v15i2.82824Keywords:
Bimbingan Pranikah, Kesiapan Calon Pengantin, Keluarga Sakinah, Kecamatan SerbajadiAbstract
Persiapan mental bagi calon pengantin adalah suatu hal penting yang harus diperhatikan untuk menghadapi masalah yang mungkin timbul selama pernikahan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menanalisis pengaruh bimbingan pranikah terhadap tingkat kesiapan calon pengantin dalam mewujudkan keluarga sakinah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan distribusi angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, parsial-test (t), koefisien determinasi (R2) dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa persamaan Y = 35,264 +0,680 (X1) +e artinya Konstanta sebesar 35,264 apabila bimbingan pranikah dianggap konstan (tetap) maka kesiapan calon pengantin di Kecamatan Serbajadi sebesar 35,264 persen. Koefisien variabel bimbingan pranikah (X1) sebesar 0,680 artinya bimbingan pranikah memiliki pengaruh yang positif. Apabila bimbingan pranikah bertambah 1 persen, maka kesiapan calon pengantin akan bertambah sebesar 0,680 persen. hasil uji t menunjukkan nilai signifikani 0,000 < 0,05 dan signifikasi parameter individual X bimbingan pra nikah thitung 6,107 > ttabel 2,00958 (berpengaruh). Kesimpulan dari hasil uji t signifikansi parameter individual adalah H0 ditolak dan H1 diterima artinya variabel X berpengaruh/berhubungan terhadap Y. nilai koefesien determinasi atau RSquare adalah sebesar 43 persen. sedangkan sisanya 57% dipengaruhi oleh variabel yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
References
Abidin, L. A. M., Yaqutunnafis, L., Muslim, B., Idrus, A. A., Ilhamdi, L., & Husain, P. (2021). Revitalisasi Moral Generasi Muda dan Penekanan Angka Pernikahan Dini Melalui Sosialisasi Penguatan Nilai-Nilai Agama dan Budaya di Desa Bagik Payung Timur, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.997. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.997
Adavikottu, A., & Velaga, N. R. (2021). Analysis of factors influencing aggressive driver behavior and crash involvement. Traffic Injury Prevention, 22(sup1), S21–S26. https://doi.org/10.1080/15389588.2021.1965590. DOI: https://doi.org/10.1080/15389588.2021.1965590
Afiatin, T., Istianda, I. P., & Wintoro, A. Y. (2016). Happiness of Working Mothers Through Family Life Stages. ANIMA Indonesian Psychological Journal, 31(3), 101–110. https://doi.org/10.24123/aipj.v31i3.569. DOI: https://doi.org/10.24123/aipj.v31i3.569
Andriani, F., & Rachmawati, Y. (2022). Etnoparenting: Pengasuhan Orang Tua Perkawinan Multi Etnis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4669–4680. https://pdfs.semanticscholar.org/4777/6b1b44e850feb41a675e2a0e71d0caa907f1.pdf. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2436
Anyamene, A. (2020). Relationship between demographic factors, Emotional Intelligence and Marital Satisfaction of Male and Female Married Teachers in Anambra State. European Journal of Educational Sciences, 6(3), 1–16. https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=907705.
Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Konseling dan Pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. http://www.jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/198. DOI: https://doi.org/10.29210/119800
Dewi, K. S., & Ginanjar, A. S. (2019). Peranan Faktor-Faktor Interaksional Dalam Perspektif Teori Sistem Keluarga Terhadap Kesejahteraan Keluarga. Jurnal Psikologi, 18(2), 245–263. https://doi.org/10.14710/jp.18.2.245-263. DOI: https://doi.org/10.14710/jp.18.2.245-263
Diana, F. (2022). Pentingnya konseling lintas agama dan budaya dalam menjaga budaya toleransi di sekolah. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 63–76. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/bki.v4i1.5163. DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v4i1.5163
Ekawati, E. Y., & Iriani, A. (2020). Evaluasi Discrepancy Program Parenting Class dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Masyarakat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 117. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.525. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.525
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fimansyah, W., & Kumalasari, D. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran Sejarah Di Sma Kebangsaan Yogyakarta. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 11(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5766. DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5766
Hinga, I. A. T. (2019). Pencegahan kekerasan seksual pada anak melalui edukasi kesehatan reproduksi berbasis media pada murid sekolah PAUD. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 83. https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395. DOI: https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395
Jasman, J., Fitria, A., Thaheransyah, T., & Sugita, S. (2022). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa tentang Perilaku Konsumtif. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 123–138. https://doi.org/10.29240/jbk.v6i1.4171. DOI: https://doi.org/10.29240/jbk.v6i1.4171
Kuswadi, E. (2019). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pengembangan Mental Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 62–78. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.62-78. DOI: https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.62-78
Liswati, T. W., Sakinah, N. G. A. P., & Yuniarti, Y. S. (2021). Pengembangan instrumen penilaian berbasis literasi numerasi. Respository Direktorat Sekolah Menengah Atas. https://doi.org/https://repositori.kemdikbud.go.id/25169/.
Muraina, K. O., & Emeka, U. G. (2019). Exploring the efficacy of emotionally focused therapy and religiosity on marital dissatisfaction among newly married teachers in Ibadan, Oyo State. Matters of Behaviour, 7(8), 6–12. https://www.academia.edu/download/96177180/NJAP_21_2019_JUNE_Edition.pdf#page=61. DOI: https://doi.org/10.26455/mob.v7i8.31
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045
Muslihati. (2013). Tantangan dan Peluang Program Studi Bimbingan Konseling Islam Menghadapi Masa Depan Bangsa. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2). https://doi.org/10.29080/jbki.2013.3.2.117-124.
Nainggolan, T. (2019). Aspek Gender Dalam Program Keluarga Harapan. Sosio Informa, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1593. DOI: https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1593
Nasution, A. S., & Firmansyah, F. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Pisa dan Kemandirian Belajar Siswa Mts. Al-jamiyatul Washliyah Tanjung Morawa. Jurnal Math Education Nusantara, 5(2), 65. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.246. DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.246
Nifmaskossu, R., Rahmat, A., & Murtadho, F. (2019). Tindak Tutur Direktif Upacara Perkawinan Adat Masyarakat Watmuri. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v8i1.24018.
Novenia, D., & Ratnaningsih, I. Z. (2017). Hubungan antara dukungan sosial suami dengan work-family balance pada guru wanita di SMA negeri Kabupaten Purworejo. Empati, 6(1), 97–103. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2017.15140
Nurhajati, W. A. (2019). Mobile learning media development on kampung kb management training material for family planning field worker in East Java. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 139–146. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2417. DOI: https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2417
Pranata, Y. Y., & Barus, G. (2019). Peningkatan Karakter Bersahabat Melalui Layanan Bimbingan Kelasikal dengan Pendekatan Experiential Learning. Solution, Journal of Counseling and Personal Development, 1(1), 1–14. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/solution/article/view/1990.
Putri, D. I. (2019). Penguatan Program Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 125. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1301. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1301
Putry, Raihan. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480.
Putry, Rayhan. (2018). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah. Internasional Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Rafikah, & Rahmawati. (2015). Peranan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Dalam Menghapuskan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kota Bukittinggi. Journal of Islamic & Social Studies Vol., 1(2). https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v1i2.48. DOI: https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v1i2.48
Rahmawati, I., Suminar, D. R., Soedirham, O., & Saptandari, P. (2018). Hubungan personal remaja dengan pelaksanaan pendidikan karakter oleh orang tua dalam upaya pencegahan perilaku seksual pranikah di Kabupaten Jember. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 9(2), 149–157. https://doi.org/10.22435/kespro.v9i2.2028.149-157.
Rizkiah, A., Risanty, R. D., & Mujiastuti, R. (2020). Sistem Pendeteksi Dini Kesehatan Mental Emosional Anak Usia 4-17 Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2), 83. https://doi.org/10.24853/justit.10.2.83-93. DOI: https://doi.org/10.24853/justit.10.2.83-93
Salam, R. A., Faqqah, A., Sajjad, N., Lassi, Z. S., Das, J. K., Kaufman, M., & Bhutta, Z. A. (2016). Improving Adolescent Sexual and Reproductive Health: A Systematic Review of Potential Interventions. Journal of Adolescent Health, 59(2), S11–S28. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2016.05.022. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2016.05.022
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Uiversitas Dwijendra, 2085, 56–66. https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.10.1.864.%25p.
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Sugiono. (2015). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ulfa, M., & Na’imah, N. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45
Yaro, H. B. (2022). Stress, marital challenges and coping strategies of female married secondary school teachers in Sokoto Metropolis, Sokoto State, Nigeria. Rima International Journal of Education (RIJE), 1(1), 20–28. https://rijessu.com/wp-content/uploads/2022/07/RIJE-5-Stress-Marital-Challenges.pdf.
Yulianti, D., S, R., H, S., & Diana, D. (2014). Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bermuatan Sains Berwawasan Konservasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 31(1), 124422. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i1.5681.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 anas aulia toha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)