Analisis Self Sabotaging Behavior Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v15i2.82861Keywords:
Sabotase Diri, Mahasiswa, PerilakuAbstract
Self-sabotaging adalah perilaku atau pola pikir yang dapat mencegah seseorang untuk melakukan apa yang diinginkan guna mencapai suatu tujuan. sabotase diri dapat terjadi di kalangan pelajar terutama mahasiswa karena banyaknya faktor yang mempengaruhi, seperti prokrastinasi, perfeksionisme, hubungan yang toxic, berbicara negatif pada diri sendiri, takut akan kegagalan, kehilangan semangat dalam diri dan self-disclosure. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis banyaknya mahasiswa yang terindikasi perilaku sabotase diri yang dapat mencegah atau menghambat kemajuan pada dirinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dengan sampel penelitian sebanyak 80 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik sampling insedental. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa dari 7 indikator sabotase diri terdapat 6 indikator yang berkategori “sedang” dan 1 indikator berkategori “tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi terindikasi melakukan perilaku sabotase diri dengan berbagai macam indikator yang sesuai pada keadaan dan diri nya sendiri.
References
Aditomo, A., & Retnowati, S. (2004). Perfeksionisme, Harga Diri, Dan Kecenderungan Depresi Pada Remaja Akhir. Journal Psikologi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.22146/jpsi.7033.
Akbay, S. E., & Delibalta, A. (2020). Academic risk taking behavior in university students: Academic procrastination, academic locus of control, and academic perfectionism. Eurasian Journal of Educational Research, 2020(89), 159–178. https://doi.org/10.14689/ejer.2020.89.8.
Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 33–48. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588.
Anggraini, D. M., Asbari, M., Eka, I., Santoso, G., & Rantina, M. (2023). Strong Why: Menguatkan Logika Mengapa dalam Kehidupan. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 02(02), 63–67. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i2.154.
Axelfa, A., Aprilia, T., Wibawa, A., & Suharti, B. (2024). Komunikasi Intrapersonal (Self-Talk) Dalam Meningkatkan Kesadaran Dampak Buruk Self-Harm Pada Remaja Brokenhome. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 29–43. https://doi.org/10.35508/jikom.v13i1.9284.
Basaria, D., Zamralita, & Aryani, F. X. (2021). Peran Perfeksionisme Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Remaja di DKI Jakarta. Jurnal Psibernetika, 14(1), 32–39. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v.
Dayo, T. N., & Faradina, S. (2020). Perfeksionisme pada Penari: Adaptif atau Maladaptif? Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 6(1), 43. https://doi.org/10.22146/gamajop.52696.
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526.
Erawati, N. K. (2018). Analisis Tes Penilaian Pencapaian Kompetensi Pada Mahasiswa Kebidanan. Jurnal Penjakora, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i2.17287.
Erikasari, E., Agustin, A., & Hidayat, D. (2021). Peranan Refleksi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Manajemen Kelas. Johme: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 96. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.2124.
Grashinta, A., Gentary, A., & Syihab, A. (2022). Stres dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pelaku Cyberslacking. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 13(02), 176–188. https://doi.org/10.35814/mindset.v13i02.4271.
Gülsüm, S., & Zeynep, M. T. (2019). The relationship between self-sabotage and organizational climate of schools. Educational Research and Reviews, 14(15), 541–550. https://doi.org/10.5897/err2019.3784.
Gunawan, P., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2021). Kontribusi Konsep Diri, Disiplin Belajar Dan Ekspektasi Karir Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 66–76. https://doi.org/10.23887/pips.v5i2.424.
Harahap, A. C. P., Addilla, A., Butar Butar, N. F., Siregar, L. R., Miranda, I. L., Tanjung, D. A., & Nitami, S. D. (2023). Studi Kasus Siswa yang Kehilangan Motivasi Diri terhadap Karir dan Pekerjaan di Masa Depan di SMAS Budi Satria. Widya Balina, 8(1), 604–611. https://doi.org/10.53958/wb.v8i1.244.
Hendarto, W. T., & Ambarwati, K. D. (2020). Perfeksionisme dan Distres Psikologis pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2), 148–159. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i2.30524.
Husain, A. R., Wantu, T., & Pautina, M. R. (2023). Perilaku Prokrastinasi Akademik dan Faktor Penyebabnya pada Mahasiswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 2(2), 145–157. https://doi.org/10.37411/sjgc.v2i2.1907.
Iskandar, D., Aspin, A., & Pambudhi, Y. A. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Xi Sman 1 Tongauna. Jurnal Sublimapsi, 1(1). https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i1.10461.
Karpika, I. P., & Segel, N. W. W. (2021). Quarter Life Crisis Terhadap Mahasiswa Studi Kasus di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Widyadari, 22(2), 513–527. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550458.
Kristanti, S. A., & Eva, N. (2022). Self-esteem dan Self-disclosure Generasi Z Pengguna Instagram. Penelitian Psikologi, 13(1), 25–30. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i1.697.
Laine, A., Ahtee, M., & Näveri, L. (2020). Impact of Teacher’s Actions on Emotional Atmosphere in Mathematics Lessons in Primary School. International Journal of Science and Mathematics Education, 18(1), 163–181. https://doi.org/10.1007/s10763-018-09948-x.
Mardiani, I., Zulaihati, S., & Sumiati, A. (2021). Hubungan antara Locus Of Control dan Perfeksionisme dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Akuntansi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3579–3592. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.805.
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868.
Ningrum, R. F., & Suprihatin, T. (2019). Ketakutan Akan Kegagalan Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Harapan Orang Tua dan Efikasi Diri Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2, 304–312. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8146.
Pattiradjawane, C., Wijono, S., & Engel, J. D. (2019). Uncovering Violence Occurring in Dating Relationsip: An Early Study Of Forgiveness Approach. Psikodimensia, 18(1), 9–18. https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1700.
Pautina, M. R., & Djibran, M. R. (2021). The Relationship Between Spiritual Intelligence and Empathy of Students. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 4(3), 167–174. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2420406&val=11574.
Praptiningsih, N. A., & Putra, G. K. (2021). Toxic Relationship Dalam Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Remaja. Communication, 12(2), 132. https://doi.org/10.36080/comm.v12i2.1510.
Ramadhani, E., Sadiyah, H., Darma Putri, R., & Andana Pohan, R. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 45. https://doi.org/10.37064/consilium.v7i1.6448.
Saleem, R. M. A. (2019). Religious Values and Worldviews. Oxford Research Encyclopedia of Politics, August, 1–25. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190228637.013.1158.
Salloum, C., & Ajaka, J. (2013). CRM Failure To Apply Optimal Management Information Systems: Case Of Lebanese Financial Sector. Arab Econ. Bus. J, 8,16–20. https://doi.org/10.1016/j.aebj.2013.11.002.
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206.
Setiawati, A., Q, I. A., & Wijaya, A. (2024). Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan Religiusitas Remaja di Desa Sidorahayu Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara. Attractive : Innovative Education Journal, 6(2), 1–12. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/download/1057/852.
Sulastri, T., Ramadhana, N. L., Gangka, N. A. T., Ramadani, N. F., Hatria A, N., & Mutmainna, N. (2022). Psikoedukasi Toxic Relationship: How to Get Rid of It? Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(8), 807–820. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i8.1684.
Taghavinia, M., Maleki, M. R., & Arabshahi, K. S. (2021). Educational leadership in education development centers: A qualitative study. Journal of Education and Health Promotion, 10, 46. https://doi.org/10.4103/jehp.jehp_733_20.
Talashina, H. E., & Ngatno. (2018). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Interventing. Administrasi Bisnis, UNDIP, 13. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26359.
Wahyudi, Akhyar, F., Pratama, A., & Asbari, M. (2023). Dunning Kruger Effect: Argumen Individu Mewujudkan Percaya Diri. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 89–91.
Wardhani, N. K., Widyorini, E., & Roswita, M. Y. (2022). Negative parenting dan Insecure attachment dengan perilaku disruptive pada remaja. Jurnal Psikologi, 18(1), 25. https://doi.org/10.24014/jp.v18i1.14585.
Zhang, F. (2022). A Theoretical Review on the Impact of EFL/ESL Students’ Self-Sabotaging Behaviors on Their Self-Esteem and Academic Engagement. Frontiers in Psychology, 13(May), 1–7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.873734.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurhaliza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.