Penerapan Teknik Konseling Individu Dalam Menurunkan Stres Akademik Siswa Disekolah Pesisir

Authors

  • Mutiara Harahap Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Saiful Akhyar Lubis Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Keywords:

Teknik Konseling, Bimbingan Konseling, Stres Akademik,Siswa, Sekolah Pesisir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak penerapan teknik konseling individu dalam bimbingan konseling terhadap pengurangan stres akademik pada siswa di Sekolah SMP Al-Washliyah 11 Percut. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengalaman dan persepsi siswa terkait praktik mindfulness dalam mengatasi stres akademik. Metode penelitian melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait kegiatan konseling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik mindfulness dalam sesi konseling dapat memberikan kontribusi positif terhadap penurunan tingkat stres akademik siswa, meningkatkan kesadaran diri, dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola tekanan akademik. Implikasi praktis dari temuan ini mencakup rekomendasi untuk mengintegrasikan praktik mindfulness ke dalam program konseling sekolah sebagai strategi efektif untuk meningkatkan kesejahteraan mental siswa dalam menghadapi tekanan akademik. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemahaman kita tentang potensi manfaat teknik mindfulness dalam konteks pendidikan dan konseling.

 

References

Aggs, C., & Bambling, M. (2010). Teaching Mindfulness To Psychotherapists In Clinical Practice: The Mindful Therapy Programme. Counselling And Psychotherapy Research, 10(4), 278–286. Https://Doi.Org/10.1080/14733145.2010.485690

Ahmad Putra. (2019). Dakwah Melalui Konseling Individu. Enlighten (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(2), 97–111. Https://Doi.Org/10.32505/Enlighten.V2i2.1201

Amalia, A. (2022). Implementasi Manfaat Bimbingan Kelompok Untuk Membantu Persiapan Karir Peserta Didik Kelas Ix Smp Muhammadiyah 1 Medan T.A 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [Jimedu], 3(1), 1–9.

Anggraieni, W. N., & Subandi, S. (2014). Pengaruh Terapi Relaksasi Zikir Untuk Menurunkan Stres Pada Penderita Hipertensi Esensial. Jurnal Intervensi Psikologi (Jip), 6(1), 81–102. Https://Doi.Org/10.20885/Intervensipsikologi.Vol6.Iss1.Art6

Beitela, M., * S. B., Hutzc, A., Greend, D., Cecerod, J. J., & Barry, And D. T. (2014). Stillness And Motion: An Empirical Investigation Of Mindfulness And Self-Actualization. Person-Centered And Experiential Psychotherapies, 13(3), 187–202. Https://Doi.Org/10.1080/14779757.2013.855131

Bhakti, C. P. (2017). Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Untuk Mengembangkan Standar Kompetensi Siswa. Jurkam: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 131. Https://Doi.Org/10.31100/Jurkam.V1i2.63

Damayamti, D. T., & Masitoh, A. (2020). Strategi Koping Siswa Dalam Menghadapi Stres Akademik Di Era Pandemi Covid-19. Academica : Journal Of Multidisciplinary Studies, 4(2), 185–198. Https://Doi.Org/10.22515/Academica.V4i2.3167

Dianita Maulinda, & Makmuroh Sri Rahayu. (2022). Pengaruh Mindfulness Terhadap Stres Akademik Pada Siswa Sman X Cianjur Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Psikologi, 1(2), 100–108. Https://Doi.Org/10.29313/Jrp.V1i2.461

Etikasari, Y. (2013). Kontrol Diri Remaja Penggemar K-Pop (K-Popers) (Studi Pada Penggemar K-Pop Di Yogyakarta) The Self-Control Among Teenager Of K-Pop Lovers (K-Popers) (Study On K-Pop Lovers In Yogyakarta). 190.

Faiza, N., Putri, E., Putri, T. A., Salsabila, A. F., Intan, T., Hadi, M., Nur, Z., Fernanda, Y. E., Cahyani, A. N., & Khoerunnisa, T. (2024). Pentingnya Self-Care Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Fipp Unnes. Jurnal Analis, 3(1), 152–163. Http://Jurnalilmiah.Org/Journal/Index.Php/Analis

Gantara, O. (2022). Pensucian Jiwa : Kajian Antara Zikir Menurut Al-Ghazali Dan Meditasi Menurut Mahasi Sayadaw. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Gunarsa, S. D., Dan Gunarsa, Y. S. (2021). Psikologi Praktis: Anak, Remaja Dan Keluarg. Bpk Gunung Mulia.

Hanim. W., & Nisa, J. (2019). Pengembangan Video Tutorial Mengenai “Strategi Problemfocused Coping Pada Stresakademik Dalam Menghadapi Ujian” Untuk Peserta Didik Kelas Vii Sm P Labschool Rawamangun. Insight: Jurnal Bimbingan Dankonseling, 8(1).

Hastuti, R. Y., & Baiti, E. N. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Stress Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(2), 82–91. Https://Doi.Org/10.35952/Jik.V8i2.152

Isnaini, I., Hayati, E. N., & Bashori, K. (2020). Identifikasi Faktor Risiko, Dampak Dan Intervensi Kecemasan Menghadapi Persalinan Pada Ibu Hamil Trimester Ketiga. Analitika, 12(2), 112–122. Https://Doi.Org/10.31289/Analitika.V12i2.3382

Langer, Á. I., Ulloa, V. G., Cangas, A. J., Rojas, G., & Krause, M. (2015). Intervenciones Basadas En Mindfulness En Educación Secundaria: Una Revisión Sistemática Cualitativa. Estudios De Psicologia, 36(3), 533–570. Https://Doi.Org/10.1080/02109395.2015.1078553

Muarif, A. S., & Munir, M. (2019). Tawaran: Layanan Konseling Berbasis Meditasi Dalam Mengurangi Stres Pada Generasi Millenial. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 9(1), 68–90. Https://Doi.Org/10.29080/Jbki.2019.9.1.68-90

Nugroho, D. A., Khasanah, D. N., Pangestuti, I. A. I., & Kholili, M. I. (2021). Problematika Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Sma: A Systematic Literature Review (Slr). Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 87–96. Https://Doi.Org/10.26539/Teraputik.51647

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–20. Https://Doi.Org/10.52005/Belaindika.V2i1.24

Nurhidayah, S., Ekasari, A., Muslimah, A. I., Pramintari, R. D., & Hidayanti, A. (2021). Dukungan Sosial, Strategi Koping Terhadap Resiliensi Serta Dampaknya Pada Kesejahteraan Psikologis Remaja Yang Orangtuanya Bercerai. Paradigma, 18(1), 60–77. Https://Doi.Org/10.33558/Paradigma.V18i1.2674

Prayitno & Amti, E. (2009). Dasar- Dasar Bimbingan Dan Konseling. Rineka Cipta.

Pusvitasari, P., Wahyuningsih, H., & Astuti, Y. D. (2016). Efektivitas Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Menurunkan Stres Kerja Pada Anggota Reskrim. Jurnal Intervensi Psikologi (Jip), 8(1), 127–145. Https://Doi.Org/10.20885/Intervensipsikologi.Vol8.Iss1.Art8

Putri Ayu Mahbengi, N. & N. (2023). Tingkat Stres Akademik Pada Siswa Smkn Di Banda Aceh. Jurnalal-Taujih, 9(2), 87–95.

Rachmaniya, A. S., & Rahayu, S. A. (2019). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Kecenderungan Psikosomatis Pada Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 9(1), 45–53. Https://Doi.Org/10.29080/Jbki.2019.9.1.45-53

Rifda El Fiah, I. A. (2015). Efekitvitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X Man Krui Lampung Barat T.P 2015/2016. 02(2), 43–56. Https://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Konseli

Royyan, N. M. (2023). Hubungan Adversity Quotient Dan Self-Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa ; Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Safira, L., & Hartati, M. T. S. (2021). Gambaran Stres Akademik Siswa Sma Negeri Selama Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 125–136. Https://Doi.Org/10.26877/Empati.V8i1.7909

Sari, D. R., & Wiyono, B. D. (2020). Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Academic Self- Efficacy Siswa Kelas Xi-Ips Sma Negeri 4 Bojonegoro. Jurnal Bk Unesa, 11(2).

Shanty, N. M. R., & Christiana, E. (2013). Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pelaksanaan Layanan Konseling Individu Di Smp Negeri Se- Kecamatan Bangsal Mojokerto . Dimana Konseling Perorangan Berlangsung Dalam Suasana Berbagai Masalah Yang Dialami Klien . Pembahasan Masalah Dalam Konseling. Jurnal Bk Unesa, 03, Nomor, 393.

Siswandi, W., & Caninsti, R. (2020). Peran Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Regulasi Emosi Mahasiswa Perantau Tahun Pertama Di Jakarta (The Role Of Peer Social Support Toward …. Jurnal Psikogenesis, 8(2), 241–252. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/387596062.Pdf

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (Ed.); Kedua). Alfabeta.

Syamsul Hadi, S. H. (2013). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227–240. Https://Doi.Org/10.32550/Teknodik.V0i0.104

Wahyutiar, R., Noviadji, B. R., Bentri, S. A., & Gusnov, J. N. (2023). Penciptaan Komik Webtoon Sebagai Sarana Edukasi Bagi Remaja Tentang Perilaku Berkomentar Yang Baik Di Media Sosial. Artika, 7(1), 39–62. Https://Doi.Org/10.34148/Artika.V7i1.660

Wells, R. E., Seng, E. K., Edwards, R. R., Victorson, D. E., Pierce, C. R., Rosenberg, L., Napadow, V., & Schuman-Olivier, Z. (2020). Mindfulness In Migraine: A Narrative Review. Expert Review Of Neurotherapeutics, 20(3), 207–225. Https://Doi.Org/10.1080/14737175.2020.1715212

Wulandari, Y. (2021). Jurnal Pendidikan Nusantara : Kajian Ilmu Pendidikan Dan Sosial Humaniora. Pendidikan Nusantara, 2, 17–28. Https://Doi.Org/10.52796/Jpnu.V2i2.51

Zulfa, A., Fariska, F., Malik, A., Amrullah, K., & Khurun, D. (2024). Gambaran Mindfulness Mahasiswa Psikologi Uin Walisongo Dalam Menjaga Kesehatan Mental. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(2), 73–85. Https://Doi.Org/10.54259/Sehatrakyat.V3i2.2260

Published

2025-01-18