Layanan Informasi melalui Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v15i2.83060Keywords:
Keterampilan Belajar, Layanan Informasi, Teknik JigsawAbstract
Latar belakang diadakannya penelitian ini ialah ramai ditemukan siswa dengan keterampilan belajar yang rendah. Hal tersebut ditunjukkan oleh sikap mereka yang kurang peduli saat guru menjelaskan, banyak bercerita ditengah pelajaran, tidak mencatat kecuali diperintah, malas bertanya terkait materi yang tidak dipahami, menyontek ketika ujian. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan melakukan inovasi dengan memberikan layanan informasi melalui teknik jigsaw untuk meningkatkan keterampilan belajar peserta didik. Metode yang digunakan ialah quasi eksperimen bentuk non equivalent control group. Subjek penelitian sebanyak 20 orang pada kelompok eksperimen dan 20 orang pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen keterampilan belajar model skala likert dan dianalisis menggunakan teknik Shapiro Wilk dan independent sample test. Hasil temuan pada penelitian ini ialah adanya perbedaan yang sangat signfikan pada kelompok pre-test post-test eksperimen dan pre-test post-test kontrol. Dibuktikan dengan nilai thitung untuk paired 1 sebesar -20,729 dengan nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05, sedangkan pada paired 2 nilai thitung sebesar -12,170 dimana nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05. Hal tersebut mengartikan bahwa layanan informasi melalui teknik jigsaw sangat berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan belajar peserta didik.
References
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.
Ardiansyah, Ruli, & Aini. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 25–33. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i2.17908.
Arif, R. M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sains. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.33654/sti.v2i1.385.
Awatik, A. (2020). Pembelajaran dengan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kemampuan Menemukan Pokok Pikiran. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 56. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.813.
Baskara, A., Hamdani, A., Permana, T., & Indonesia, U. P. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis Sepeda Motor. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 140–144. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/21782.
Berkah, J. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Minat Belajar Sejarah Peserta Didik Di Smk Kharismawita Jakarta Selatan. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 4(1), 21. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v4i1.3431.
Cik’ani. (2021). Meningkatkan Aktivitas Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Berorientasi Pembelajaran High Order Thinking Skills Dan Keterampilan Abad 21 Siswa SMP. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 652–664. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.129.
Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631–1638. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/299.
Hartinah, G., & M.E., W. (2015). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Perencanaan Karir Siswa Sma. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 43–48. https://doi.org/10.15294/jubk.v4i1.6874.
Luahambowo, B. (2020). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 236–241. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1688.
Mulyani, W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Impuls dan Momentum. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26232.
Munthe, E. (2019). Pentingnya Penguasaan Iptek Bagi Guru Di Era Revolusi 4.0. Seminar Nasinal Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 443–448. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38827.
Musaidah, E., Purnomo, D., & Setyowati, R. D. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sayung Tahun 2019/2020. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 382–390. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6520.
Prakoso, R. Y., Wagimin, W., & Hidayat, R. R. (2022). Kontribusi Keterampilan Belajar terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 2(1), 19. https://doi.org/10.20961/jpk.v2i1.22666.
Purwani, E., Hasan, K., & Alamsyah, H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pendekatan SSTEAM Pada Siswa. 3(3), 296–302. https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26764.
Putri, H., & Silalahi, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X DPIB SMK N 1 Koto XI Tarusan. Journal of Civil Enginering and Vocational Education (CIVED), 5(4), 1–7. https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102482.
Rokhmah Wati, D. A., Tukiran, T., & Ibrahim, M. (2017). Penerapan Magang Kognitif (Cognitive Apprenticeship) Untuk Mengajarkan Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 2(2), 212. https://doi.org/10.26740/jpps.v2n2.p212-217.
Santi, V. P., Abdat, C. H., & Makhmudah, U. (2017). Pengembangan Panduan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar. CONSILIUM : Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling First Published, 5(2), 4–5. https://journal.unnes.ac.id/sju/jbk/article/view/7482.
Sharma, S., Chauhan, S., & Kaur, M. (2019). Introduction and Assessment of Jigsaw Method of Teaching on Challenging Topics in Physiology for First Year Medical Students. International Journal of Physiology, 7(4), 238. https://doi.org/10.5958/2320-608x.2019.00178.1.
Sucipto, M. A. B., Budisiwi, H., Utami, N. T., Fajriyana, N., & Saefudin, M. A. (2023). Pengembangan Multimedia Si Pagi Jateng Bimbingan Karir Berbasis Android tentang Program Studi di Perguruan Tinggi. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.24905/jcose.v5i2.145.
Sudiansyah, S., Lutfi, M., Bosco, F. H., Putra, R. P., Fauziyah, W. R. A., Rais, R., & Al Haddar, G. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membina Kedisiplinan Belajar Siswa. Global Education Journal, 1(01), 51–61. https://journal.civiliza.org/index.php/gej/article/view/141.
Sulistiani, S., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2022). Model Pembelajaran Jigsaw untuk Menumbuhkan Motivasi dah Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 223–231. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48141.
Supriatna, A. R. (2013). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Active Learning In High Education (ALIHE) Pada Mata Kuliah Pendidikan IPA SD Di Jurusan PGSD FIP UNJ. Perspektif Ilmu Pendidikan, 27(1), 15–21. https://doi.org/10.21009/PIP.271.3.
Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.
Syaputra, E., & Sariyatun, S. (2020). Pembelajaran Sejarah di Abad 21 (Telaah Teoritis terhadap Model dan Materi). Yupa: Historical Studies Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.30872/yupa.v3i1.163.
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan Informasi Dalam Peningkatan Keterampilan Belajar Mahasiswa Stkip Pgri Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3937.
Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 2(1), 660–662. http://repository.lppm.unila.ac.id/9533/.
Tee, Y. H., & Amran, M. S. (2021). Tinjauan Sistematik Pembelajaran Koperatif Menggunakan Kaedah Jigsaw Dalam Penulisan Bahasa. Sains Insani, 6(2). https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol6no2.280.
Umami, I. (2015). Learning Skills As Part Content Mastery Service in Guidance Counseling. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 39. https://doi.org/10.24127/gdn.v5i1.61.
Wahyuni, E. (2012). Keterampilan Belajar (Study Skills) Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Fip Unj. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 33–40.
Wati, M., & Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98–106. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3976.
Widyastono, H. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sekolah Menengah pertama Negeri Akreditasi A di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Kwangsan, 5(1), 21–38. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v5i1.37.
Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & S, N. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Konselor, 6(1), 18. https://doi.org/10.24036/02017615734-0-00.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shakira Fara Indira Shakira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.