PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK IMPLOSIF DAN PEMBANJIRAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.853Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konseling behavioral teknikimplosif dan pembanjiran efektif untuk meningkatkan keterampilan interaksi
sosial siswa kelas X SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen dengan menggunakan metode pengumpulan data
berupa kuisioner tentang keterampilan interaksi sosial dan menggunakan
rancangan penelitian pretest-posttest-control group design. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 193 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 9
orang siswa kelas X yang mengalami keterampilan interaksi sosial yang
rendah, yang dilihat dari aturan kurva normal keterampilan interaksi sosial, yaitu
siswa yang memiliki keterampilan interaksi sosial yang rendah berada pada
daerah 3 sd dibawah mean dengan angka 106, daerah kurva juga mewakili
frekuensi populasi yang ada, sehingga untuk menetapkan jumlah siswa yang
memiliki keterampilan interaksi sosial yang rendah dilihat dengan skor kurva
normal. Berdasarkan hasil analisis nilai t pada output, ditemukan bahwa
konseling behavioral teknik implosif dan pembanjiran efektif untuk
meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa, dilihat dari hasil analisis nilai
thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5% (8,576 lebih besar dari
2,365), berarti terjadi peningkatan keterampilan interaksi sosial. Dari hasil
korelasi antara pretest dengan posttest, menghasilkan angka korelasi 0,995
dengan nilai probabilitas dibawah 0,05 (nilai signifikan output analisis 0,000).
Hal ini menyatakan bahwa korelasi antara rata-rata pretest dengan rata-rata
posttest kelompok eksperimen konseling behavioral adalah kuat dan signifikan.
Berdasarkan analisis tersebut, menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan
dalam penelitian ini dapat diterima.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.