EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DAN PENGUATAN POSITIF TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP LAB UNDIKSHA

Authors

  • I Wayan Eka Juniarta .
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Ps .
  • Putu Ari Dharmayanti, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v6i1.8680

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Perbedaan Pengaruh Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Dan Penguatan Positif Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas VII Smp LAB Undiksha Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII.2, VII.3, dan VII.4 di SMP LAB Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 3 kelas yaitu sebanyak 90 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive random sampling dengan siswa sebanyak 60 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data disiplin belajar, yang diperoleh dengan metode observasi dan metode kuesioner untuk melihat siswa yang memiliki disiplin belajar rendah. Data disiplin belajar dianalisis dengan analisis uji t (independen sampel test). Semua pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian pada hipotesis satu yaitu Terdapat perbedaan pengaruh efektivitas konseling behavioral dengan teknik modeling dan teknik penguatan positif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Pada hipotesis satu diperoleh thitung sebesar 22,994 Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya pada hipotesis kedua di dapat nilai thitung sebesar 3,043 Ho ditolak dan Ha diterima, dan pada hipotesis ketiga didapatkan nilai H sebesar 11,79 dengan menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci : konseling behavioral, modeling, penguatan positif, disiplin belajar

This study aims to determine the effectiveness of counseling Behavioral Differences Influence With Modeling Techniques And Positive Reinforcement Learning Discipline Against Seventh Grade Students SMP LAB Undiksha Singaraja. This research is a quasi-experimental research (quasi exsperiment) with a design pretest posttest control group design. The population in this study is graders VII.2, VII.3 and VII.4 in junior LAB Undiksha Singaraja in the school year 2015/2016, amounting to 3 classes of as many as 90 people. Samples were taken by using purposive random sampling technique with students of 60 people. The data collected in this study is data discipline of study, obtained by the method of observation and questionnaires to see students who have low learning discipline. Data were analyzed by analysis of learning discipline t test (independent sample test). All hypothesis testing was done on a significance level of 5%. Results of research on the hypothesis that There are differences influence the effectiveness of behavioral counseling by modeling techniques and positive reinforcement techniques to improve student learning discipline. In the hypothesis of the obtained t for 22.994 Ho is rejected and Ha accepted. Furthermore, on the second hypothesis can tcount amounted to 3.043 Ho refused and Ha is received, and the third hypothesis H values obtained amounted to 11.79 by stating H0 rejected and Ha accepted.
keyword : behavioral counseling, modeling, positive reinforcement, learning discipline

Published

2016-11-02