PENERAPAN LAYANAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PERKUATAN POSITIFUNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • KOMANG MIRA YUTRIANI MAHASISWA
  • NYOMAN DANTES DANTES DOSEN
  • TJOK RAI PARTADJAJA DOSEN

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.901

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Konseling yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal siswa yang rendah dengan penerapan konseling Behavioral dengan teknik perkuatan positif.

Subyek dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa kelas X3 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013 yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang rendah. Hasil tersebut diperoleh dari data  primer atau data utama yaitu kuesioner dari pra siklus sampai siklus II. Metode observasi atau pengamatan juga digunakan sebagai metode komplementer yang mendukung  data primer tersebut. Data primer dalam bentuk kuesioner yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis.

Hasil penelitian dari pra siklus diperoleh rata-rata pencapaian kecerdasan intrapersonal terhadap 6 orang siswa sebesar  61,33 % dengan kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata sebesar 5,17%  dengan hasil 2 orang siswa yang dikategorikan sedang dan 4 orang siswa yang dikategorikan rendah sehingga perlu melanjutkan treatmen pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata peningkatan sebesar  16,16% dengan kategori tinggi. Artinya siswa sudah bisa memahami segala hal yang terkait dengan kecerdasan intrapersonal. Data tersebut diperkuat dari hasil pengamatan perubahan perilaku siswa yang diisi oleh peneliti pada setiap siklusnya.  Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengaplikasikan kecerdasan intrapersonal dalam kehidupan sehari-hari, agar siswa dapat memahami diri secara akurat.

Downloads

Published

2013-07-05