PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGONDISIAN OPERAN UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII B3 SMP NEGERI 2 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • MADE AYU ADNYANI MAHASISWA
  • NYOMAN DANTES DANTES DOSEN
  • MUDJIJONO MUDJIJONO MUDJIJONO DOSEN

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.902

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Konseling yang bertujuan untuk menurunkan perilaku agresif siswa dengan penerapan konseling behavioral dengan teknik pengondisian operan.

Subyek dalam penelitian ini sebanyak 7 orang siswa kelas VIII B3 SMP Negeri 2 Sawan tahun pelajaran 2012/2013 yang memiliki perilaku agresif tinggi. Hasil tersebut diperoleh dari data  primer atau data utama yaitu kuesioner dari pra siklus sampai siklus II. Metode observasi juga digunakan sebagai metode komplementer yang mendukung  data primer tersebut. Data primer dalam bentuk kuesioner yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis.

Hasil penelitian dari pra siklus diperoleh rata-rata pencapaian perilaku agresif terhadap 7 orang siswa sebesar 63.50 % dengan kategori tinggi. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata sebesar 11,11%  dengan hasil 5 orang siswa yang dikategorikan sedang dan 2 orang siswa yang dikategorikan tinggi sehingga perlu melanjutkan treatmen pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata peningkatan sebesar  18,57% dengan kategori rendah . Artinya siswa sudah bisa menurunkan perilaku agresif yang ada dalam dirinya. Data tersebut diperkuat dari hasil pengamatan perilaku agresif yang diisi oleh peneliti setiap pertemuan. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengaplikasikan teknik pengondisian operan dalam kehidupan sehari-hari, agar siswa dapat menurunkan perilaku agresif yang dia miliki.

Downloads

Published

2013-07-05