PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RELAKSASIUNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWADI KELAS VIII C SMP NEGERI 2 SERIRIT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.905Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa yang mengalami gangguan konsentrasi melalui penerapan konseling behavioral dengan teknik relaksasi pada kelas VIII C SMP Negeri 2 Seririt. Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling yang dirancang bersiklus, setiap siklus terdiri dari tahap identifikasi, tahap diagnosa, tahap prognosa, tahap konseling, tahap evaluasi dan tahap refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Seririt yang memiliki kemampuan konsentrasi belajar rendah berjumlah 8 orang siswa. Data konsentrasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner konsentrasi belajar. Data yang diperoleh diolah dengan analisis deskriptif, dengan target keberhasilan pencapaian minimal 55%.Hasil penelitian menunjukkan konseling behavioral dengan teknik relaksasi dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa yang mengalami gangguan konsentrasi di kelas VIII C SMP Negeri 2 Seririt tahun ajaran 2012/2013. Peningkatan konsentrasi belajar siswa yaitu dari kondisi awal ke siklus I terjadi peningkatan rata-rata konsentrasi belajar dari 44% menjadi 56,13% dengan peningkatan sebesar 47,75% dan dari siklus I ke siklus II peningkatan rata-rata konsentrasi belajar siswa dari 56,13% menjadi 76,38% dengan peningkatan sebesar 56,81%.Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.