PENERAPAN BIMBINGAN SOSIAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENGEMBANGKAN EMPATI SISWA KELAS VIIID3 SMP NEGERI 2 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • NI WAYAN CANDRIASIH MAHASISWA
  • GEDE SEDANAYASA SEDANAYASA DOSEN
  • TJOK RAI PARTADJAJA DOSEN

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.906

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling yang bertujuan  untuk mengembangkan empati siswa melalui penerapan bimbingan sosial berbantuan media audio visual. Media audio visual yang diberikan berupa video tentang tolong menolong, deskriminasi yang terjadi di kalangan siswa, tawuran yang terjadi akibat saling ejek. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas VIII D3 SMP Negeri 2 Sawan yang memiliki empati rendah. Dari 24 orang siswa, ada 8 orang siswa diantaranya menunjukan empati rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan empati siswa Kelas VIII D3 SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2012/2013. Peningkatan ini bisa dilihat dari hasil penelitian siklus I maupun siklus II. Pada siklus I diketahui bahwa presentase skor awal empati siswa 48.67% meningkat menjadi 58.17%. sedangkan pada siklus II diketahui bahwa presentase skor empati siklus I adalah 58.17% menjadi 71.58%. Data tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 9.5% dari kondisi awal ke siklus I dan 13.41% dari siklus I ke siklus II. Peningkatan empati yang dicapai siswa disebabkan karena  motivasi, keseriusan serta kesadaran siswa untuk membangun sikap sosial yang semakin kohesif. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan sosial berbantuan media audio visual  dapat meningkatkan empati siswa.

Downloads

Published

2013-07-05