PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN EMOTIONAL INTELLIGENCE SISWA PADA KELAS XAP1 SMK NEGERI 1 SERIRIT KABUPATEN BULELENGPENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN EMOTIONAL INTELLIGENCE SI

Authors

  • SRI JUNIARIASIH MANDALA MAHASISWA
  • NYOMAN DANTES DANTES DOSEN
  • NI MADE SETUTI DOSEN

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.910

Abstract

Penelitian ini tergolong penelitian tindakan bimbingan konseling (action research in counseling). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan emotional intelligence siswa kelas XAP1 SMK Negeri 1 Seririt.

Subjek penelitian ini adalah 9  orang siswa kelas XAP1 SMK Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2012/2013 yang memiliki emotional intelligence dibawah persentase 65%. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data   emotional intelligence siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner dan observasi untuk menyesuaikan hasil kuesioner dengan kenyataan di lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa emotional intelligence siswa dapat ditingkatkan setelah diberikan layanan konseling kelompok melalui penerapan konseling behavioral dengan teknik modeling. Peningkatan persentase emotional intelligence siswa terjadi baik pada penelitian siklus I maupun penelitian siklus II. Pada siklus I diketahui bahwa persentase awal 56.36% meningkat menjadi 66.31% dengan rata-rata persentase peningkatan sebesar 18.02%, sedangkan pada siklus II diketahui bahwa persentase siklus I 66.31% meningkat menjadi 77.16% dengan rata-rata peningkatan sebesar 16.49%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan konseling behavioral dengan teknik modeling dapat berfungsi secara efektif untuk meningkatkan emotional intelligence siswa.

Downloads

Published

2013-07-05