peran guru BK disabilitas penglihatan dalam mengembangkan minat dan bakat siswa

Authors

  • Toviyani Widi Saputri Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Budi Astuti Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Guru BK, Disabilitas Penglihatan, Minat dan Bakat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya persepsi bahwa guru BK adalah seorang polisi sekolah. Semua yang berkenaan dengan guru BK adalah siswa yang  memiliki permasalahan. Berhubung di sekolah terdapat kegiatan ekstrakurikuler musik, guru BK juga memiliki ketrampilan di bidang musik, guru tersebut diberikan  tanggung jawab sebagai pembina kegiatan ekstrakurikuler musik di sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran  guru BK dalam mengembangkan minat dan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler musik. Guru BK berperan penting  membantu siswa untuk menemukan potensi diri yang kemudian dikembangkan di bidang musik. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Guru BK dengan penyandang disabilitas yang mempunyai ketrampilan di bidang musik mampu berperan efektif dalam membimbing siswa mengembangkan minat dan bakat di bidang musik.  Guru BK dan siswa mampu berhubungan dengan baik. Bukan hanya siswa dengan masalah yang berhubungan dengan guru BK penyandang disabilitas penglihatan, melainkan semua siswa bisa mengakses layanan BK secara optimal. Selain itu, temuan ini juga menyoroti bagaimana keberadaan guru BK penyandang disabilitas penglihatan memberikan inspirasi dan motivasi tambahan bagi siswa untuk mengejar minat mereka dengan lebih serius. Penelitian ini menyarankan adanya peningkatan dukungan dan pelatihan bagi guru BK penyandang disabilitas untuk memaksimalkan peran mereka dengan segala ketrampilan yang dimiliki.

References

Arna, N. F., & Harmilawati, H. (2022). Pelatihan Parenting dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 70–74. https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i2.2886

Badwi, A. (2022). Pengaruh Bakat Dalam Pencapaian Prestasi Belajar. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 204–208.

Fibriani, N., Wulansari, F., Agustriya, S., & Umami, R. (2024). Implementasi Kegiatan Got Talent Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Santri Di Pondok Pesantren Matholi ’ ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan Murid. Jurnal Murid, 1(2), 106–116.

Hamida, N. S., & Mustofa, T. A. (2023). Peran Guru PAI dalam Pendidikan Al-Qur’an pada Penyandang Disabilitas Tunanetra. Journal on Education, 6(1), 6379–6388. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3781

Hayatunnisa, H., & Jagar Lumbantoruan. (2023). Pengembangan Minat dan Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Vokal di SMP Adabiah Padang. AVANT-GARDE: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan, 1(2), 186–202. https://doi.org/10.24036/ag.v1i2.24

Hurlock, E. B. (1979). Child development McGraw-Hill series in psychology (Fifth Edition). McGraw-Hill, 1–520.

Istiqomah, N. (2021). Kesejahteraan psikologis guru honorer di SMA Negeri 13 Depok. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 48–54. https://doi.org/10.26539/teraputik.51555

Khaidir, C., & Suhaili, N. (2023). Pengaruh Bimbingan Konseling dalam Upaya Mengatasi Rendahnya Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. Journal on Education, 6(1), 2244–2253. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3226

Kholilah, E. H. dan, & Sumarto. (2020). Bimbingan Kolseling. In Cetakan Kedua.

Kurniati, P., Lenora Kelmaskouw, A., Deing, A., & Agus Haryanto, B. (2020). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2022(2), 408–423.

Lestariningrum, A. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini Di Kota Kediri (Studi Pada Paud Inklusif Ybpk Semampir, Kecamatan Kota, Kediri). Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2), 53–68. file:///C:/Users/ACER/Downloads/967-1780-1-SM.pdf

Muhammad Hasan, T. K. H., Syahrial Hasibuan, I. R., Sitti Zuhaerah Thalhah, M.Pd., Dr. Cecep Ucu Rakhman, S.Sos., M. ., Paskalina Widiastuti Ratnaningsih, S.Pd., M.Hum., Dr. Inanna, S.Pd., M. P., Andi Aris Mattunruang S.E., M.Sc., Dr. Herman, S.Pd., M. P., Nursaeni, S.Ag., M.Pd., Dr. Yusriani, SKM., M.Kes, Dr. Nahriana, M. P., Dumaris E. Silalahi, S.Pd., M.Pd., Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M. S., & Azwar Rahmat, M.TPd, Yetty Faridatul Ulfah, M.Hum, Nur Arisah, S.Pd., M. P. (2023). Metode penelitian kualitaf.

Mulia, R. (2024). NILAI MANFAAT BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR TERHADAP SISWA: (Studi Kepustakaan). Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 31–42. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK

Mulyati, S., & Kamaruddin, K. (2020). Peran Guru dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 172–184. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.241

Ngula, I., Baharudin, Y. H., & Solikhah, L. D. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling (Bk) Di Masa Pandemi Covid 19 Di Smp Purnama Kesugihan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling PERAN, 2(2), 63–69. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/article/view/555

Purbawati, S. Y., Naam, M. F., & Sugiarto, E. (2024). Inovasi Pembelajaran Seni Musik Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dalam Perspektif Budaya Dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 2(3), 521–527.

Putrawan, G. D., Nguntoronadi, K., Wonogiri, K., & Info, A. (2024). MOTIVASI KERJA INTRINSIK GURU HONORER SEKOLAH DASAR NEGERI ( STUDI FENOMENOLOGI PADA GURU HONORER YANG BEKERJA DI SEKOLAH DASAR NEGERI ). 08(01), 21–35. https://doi.org/10.31002/ijel.v8i1.1689

Ramadhan, F. (2020). UPAYA GURU BK MENGATASI IMAGE TENTANG POLISI SEKOLAH DI MTS TELADAN GEBANG (Vol. 2507, Issue February).

Sadita, S. E., Syafitri, S., Desyandri, & Jamaris. (2024). Analisis dan Implementasi Pendidikan Dasar sebagai Proses Pewarisan Budaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7190–7197.

Sintang, N. (2024). RANCANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BERDASARKAN HASIL ANGKET KEBUTUHAN PESERTA DIDIK KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SINTANG. 4(2), 203–216.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif Dan R&D. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konseling. Konsep,Teori,Dan Aplikasinya.

Syamsudin, A. (2015). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2882

Syiahfitri, M., & Daulay, N. (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Siswa/I Di Sekolah Sma an-Nizam. Jurnal Tarbiyah, 29(1), 351–370. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/229/217

Ummah, M. S. (2019). Metofe Penelitian Kualitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Untari, A. D. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Angklung Sebagai Sarana Pengembangan Perilaku Cinta Tanah Air. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 1(1), 14–29. https://doi.org/10.47080/propatria.v1i1.136

Wayan, J. I., Gede, E. S. W. D., & Wayan, B. P. (2020). Kompetensi Sosial Guru BK/Konselor Sekolah: Studi Deskriptif di SMAN se-kota Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 75–81. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760702

Widiansyah, A., Sitasi, C., Widiansyah, :, Peranan, ), Daya, S., Sebagai, P., & Penentu, F. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala

Published

2025-02-12