peran guru BK disabilitas penglihatan dalam mengembangkan minat dan bakat siswa
Keywords:
Guru BK, Disabilitas Penglihatan, Minat dan BakatAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya persepsi bahwa guru BK adalah seorang polisi sekolah. Semua yang berkenaan dengan guru BK adalah siswa yang memiliki permasalahan. Berhubung di sekolah terdapat kegiatan ekstrakurikuler musik, guru BK juga memiliki ketrampilan di bidang musik, guru tersebut diberikan tanggung jawab sebagai pembina kegiatan ekstrakurikuler musik di sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru BK dalam mengembangkan minat dan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler musik. Guru BK berperan penting membantu siswa untuk menemukan potensi diri yang kemudian dikembangkan di bidang musik. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Guru BK dengan penyandang disabilitas yang mempunyai ketrampilan di bidang musik mampu berperan efektif dalam membimbing siswa mengembangkan minat dan bakat di bidang musik. Guru BK dan siswa mampu berhubungan dengan baik. Bukan hanya siswa dengan masalah yang berhubungan dengan guru BK penyandang disabilitas penglihatan, melainkan semua siswa bisa mengakses layanan BK secara optimal. Selain itu, temuan ini juga menyoroti bagaimana keberadaan guru BK penyandang disabilitas penglihatan memberikan inspirasi dan motivasi tambahan bagi siswa untuk mengejar minat mereka dengan lebih serius. Penelitian ini menyarankan adanya peningkatan dukungan dan pelatihan bagi guru BK penyandang disabilitas untuk memaksimalkan peran mereka dengan segala ketrampilan yang dimiliki.
References
Arna, N. F., & Harmilawati, H. (2022). Pelatihan Parenting dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 70–74. https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i2.2886
Badwi, A. (2022). Pengaruh Bakat Dalam Pencapaian Prestasi Belajar. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 204–208.
Fibriani, N., Wulansari, F., Agustriya, S., & Umami, R. (2024). Implementasi Kegiatan Got Talent Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Santri Di Pondok Pesantren Matholi ’ ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan Murid. Jurnal Murid, 1(2), 106–116.
Hamida, N. S., & Mustofa, T. A. (2023). Peran Guru PAI dalam Pendidikan Al-Qur’an pada Penyandang Disabilitas Tunanetra. Journal on Education, 6(1), 6379–6388. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3781
Hayatunnisa, H., & Jagar Lumbantoruan. (2023). Pengembangan Minat dan Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Vokal di SMP Adabiah Padang. AVANT-GARDE: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan, 1(2), 186–202. https://doi.org/10.24036/ag.v1i2.24
Hurlock, E. B. (1979). Child development McGraw-Hill series in psychology (Fifth Edition). McGraw-Hill, 1–520.
Istiqomah, N. (2021). Kesejahteraan psikologis guru honorer di SMA Negeri 13 Depok. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 48–54. https://doi.org/10.26539/teraputik.51555
Khaidir, C., & Suhaili, N. (2023). Pengaruh Bimbingan Konseling dalam Upaya Mengatasi Rendahnya Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. Journal on Education, 6(1), 2244–2253. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3226
Kholilah, E. H. dan, & Sumarto. (2020). Bimbingan Kolseling. In Cetakan Kedua.
Kurniati, P., Lenora Kelmaskouw, A., Deing, A., & Agus Haryanto, B. (2020). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2022(2), 408–423.
Lestariningrum, A. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini Di Kota Kediri (Studi Pada Paud Inklusif Ybpk Semampir, Kecamatan Kota, Kediri). Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2), 53–68. file:///C:/Users/ACER/Downloads/967-1780-1-SM.pdf
Muhammad Hasan, T. K. H., Syahrial Hasibuan, I. R., Sitti Zuhaerah Thalhah, M.Pd., Dr. Cecep Ucu Rakhman, S.Sos., M. ., Paskalina Widiastuti Ratnaningsih, S.Pd., M.Hum., Dr. Inanna, S.Pd., M. P., Andi Aris Mattunruang S.E., M.Sc., Dr. Herman, S.Pd., M. P., Nursaeni, S.Ag., M.Pd., Dr. Yusriani, SKM., M.Kes, Dr. Nahriana, M. P., Dumaris E. Silalahi, S.Pd., M.Pd., Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M. S., & Azwar Rahmat, M.TPd, Yetty Faridatul Ulfah, M.Hum, Nur Arisah, S.Pd., M. P. (2023). Metode penelitian kualitaf.
Mulia, R. (2024). NILAI MANFAAT BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR TERHADAP SISWA: (Studi Kepustakaan). Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 31–42. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK
Mulyati, S., & Kamaruddin, K. (2020). Peran Guru dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 172–184. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.241
Ngula, I., Baharudin, Y. H., & Solikhah, L. D. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling (Bk) Di Masa Pandemi Covid 19 Di Smp Purnama Kesugihan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling PERAN, 2(2), 63–69. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/article/view/555
Purbawati, S. Y., Naam, M. F., & Sugiarto, E. (2024). Inovasi Pembelajaran Seni Musik Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dalam Perspektif Budaya Dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 2(3), 521–527.
Putrawan, G. D., Nguntoronadi, K., Wonogiri, K., & Info, A. (2024). MOTIVASI KERJA INTRINSIK GURU HONORER SEKOLAH DASAR NEGERI ( STUDI FENOMENOLOGI PADA GURU HONORER YANG BEKERJA DI SEKOLAH DASAR NEGERI ). 08(01), 21–35. https://doi.org/10.31002/ijel.v8i1.1689
Ramadhan, F. (2020). UPAYA GURU BK MENGATASI IMAGE TENTANG POLISI SEKOLAH DI MTS TELADAN GEBANG (Vol. 2507, Issue February).
Sadita, S. E., Syafitri, S., Desyandri, & Jamaris. (2024). Analisis dan Implementasi Pendidikan Dasar sebagai Proses Pewarisan Budaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7190–7197.
Sintang, N. (2024). RANCANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BERDASARKAN HASIL ANGKET KEBUTUHAN PESERTA DIDIK KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SINTANG. 4(2), 203–216.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif Dan R&D. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konseling. Konsep,Teori,Dan Aplikasinya.
Syamsudin, A. (2015). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2882
Syiahfitri, M., & Daulay, N. (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Siswa/I Di Sekolah Sma an-Nizam. Jurnal Tarbiyah, 29(1), 351–370. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/229/217
Ummah, M. S. (2019). Metofe Penelitian Kualitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Untari, A. D. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Angklung Sebagai Sarana Pengembangan Perilaku Cinta Tanah Air. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 1(1), 14–29. https://doi.org/10.47080/propatria.v1i1.136
Wayan, J. I., Gede, E. S. W. D., & Wayan, B. P. (2020). Kompetensi Sosial Guru BK/Konselor Sekolah: Studi Deskriptif di SMAN se-kota Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 75–81. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760702
Widiansyah, A., Sitasi, C., Widiansyah, :, Peranan, ), Daya, S., Sebagai, P., & Penentu, F. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Toviyani Widi Saputri, Budi Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.