Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.32767Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, Evaluasi, CIPPAbstract
Abstrak
Kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh siswa maupun guru saat proses pembelajaran jarak jauh ini berlangsung membuat proses pembelajaran ini menjadi kurang efektif. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis keefektivitasan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek yang diteliti sebanyak 31 orang guru yang ada di Sekolah Dasar. Pengumpulan data evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini dilakukan dengan metode non tes dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner langsung. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif kuantitatif, kemudian dikonversikan ke dalam Z skor setelah itu ditransformasikan ke dalam T skor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komponen variabel context dengan efektivitas 16,3%, efektivitas variabel input sebesar 9,4%, efektivitas variabel process sebesar 9,6%, dan efektivitas variabel product sebesar 16,4%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di Sekolah Dasar termasuk dalam kuadran efektif. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan selama pembelajaran jarak jauh di Sekolah Dasar.
References
A.N, S., Bayu, Rani, & S., M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SekolaA.N, S., Bayu, Rani, & S., M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. 1–5.h Dasar. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(January), 1–5. https://www.researchgate.net/publication/338713765_Pengaruh_Daring_Learning_terhadap_Hasil_Belajar_IPA_Siswa_Sekolah_Dasar.
Abidin, Z, Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659.
Abidin, Zainal, Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Al Hakim, M. F. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/. DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. Cv. Pusdikra Mitra Jaya.
Angela, F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Desain Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Aplikasi Android pada Materi Persamaan Eksponensial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1449–1461. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.437.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Budi Yoga Bhakti. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 1(2), 75–82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109
Budiman, J. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074. DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074
Chandra, F., Fitriani, N., & Enrekang, U. M. (2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pelaksanaan PLP Dasar). Maspul Journal Of Community Empowerment, 3(1), 21–26. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/1307.
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094
Green, J. K., Burrow, M. S., & Carvalho, L. (2020). Designing for Transition: Supporting Teachers and Students Cope with Emergency Remote Education. Postdigital Science and Education, 2(3), 906–922. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00185-6. DOI: https://doi.org/10.1007/s42438-020-00185-6
Handayani, Hadi, Isbaniah, Burhan, & Agustin. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2). https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101. DOI: https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101
Hariani. (2020). Pada, Pemanfaatan E-learning Jarak, Pembelajaran Covid-, Masa Pandemi. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 41–49. https://doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v3i2.4656. DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i2.4656
Hatmo, S. H. D. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 115–122. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4222.
Ichsan, I. Z., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D. V., Irwandani, I., Ali, A., Susilo, S., Kurniawan, E., & Rahman, M. (2020). COVID-19 Outbreak on Environment: Profile of Islamic University Students in HOTS-AEP-COVID-19 and PEB-COVID-19. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 167–178. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6283. DOI: https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6283
Irwansyah, I. (2018). Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh Di Perguruan Tinggi Swasta. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 2(1), 39. https://doi.org/10.36339/jaspt.v2i1.122. DOI: https://doi.org/10.36339/jaspt.v2i1.122
Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Inklusi, 5(2), 179. https://doi.org/10.14421/ijds.050202. DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.050202
Kantun, S. (2017). Penelitian Evaluatif Sebagai Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan (Suatu Kajian Konseptual). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 1–15. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/download/3809/2973.
Khamim, M. (2021). Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pai di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1, 27. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14657/.
Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253
L, I. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427. DOI: https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427
Marroquín, B., Vine, V., & Morgan, R. (2020). Mental health during the COVID-19 pandemic: Effects of stay-at-home policies, social distancing behavior, and social resources. Psychiatry Research, 293(July), 113419. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113419. DOI: https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113419
Maryuliana, Much Ibnu Subroto Imam, & Farisa Chairul Haviana Sam. (2018). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.30659/ei.1.1.1-12.
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
Nurhasanah. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Kelompok B.5 TK Kemala Bhayangkari Bone. Educhild, 2(2), 58–67. https://doi.org/10.31219/osf.io/nsv42. DOI: https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.186
Prawiyogi, Anggi Giri, D. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Peserta didik di SDIT Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 8. https://doi.org/10.21009/JPD.011.10.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.
Putria, Hilna. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Redy, P., Jaya, P., Pd, M., Ndeot, F., Pd, M., & Hi, P. (2018). Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif Jawaban atas pertanyaan ini dapat komunikasi yang baik dengan orang tua . mengambil sikap tegas ketika anak PAUD HI yang sedang berjalan telah. 1(1), 10–25. DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2622
Remuzzi, A., & Remuzzi, G. (2020). COVID-19 and Italy: what next? The Lancet, 395(10231), 1225–1228. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30627-9. DOI: https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30627-9
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Sugandini, W., Dewi Tarini, W., Espana Giri, K., & Nik Armini, L. (2018). Evaluasi Program Penilaian Pencapaian Kompetensi I (Ppk I) Dengan Model Content, Input, Proses, Dan Product (Cipp). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 305. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16228. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16228
Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(2), 149–162. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/2435. DOI: https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2435
Suryani, Y. E. (2017). Pemetaan Kualitas Empirik Soal Ujian Akhir Semester Pada Mata Pembelajaran. Pemetaan Kualitas Empirik Soal Ujian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Di Kabupaten Klaten, 21(2), 142–152. https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.10725. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.10725
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314. DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Talevi, D., Socci, V., Carai, M., Carnaghi, G., Faleri, S., Trebbi, E., Bernardo, A. D. I., Capelli, F., & Pacitti, F. (2020). Mental health outcomes of the CoViD-19 pandemic Gli esiti di salute mentale della pandemia di CoViD-19. Riv Psichiatr, 55(3), 137–144. https://doi.org/10.1708/3382.33569.
Wandini, A. S., & Lubis, F. Y. (2021). Pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara daring pada belajar dari rumah (BDR) jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Jurnal Basicedu, 5(4), 1985–1997. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1113. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1113
Wibowo, D. R. (2020). Problematika Guru SD Dalam Pembelajaran IPS Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 183–192. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.7538. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.7538
Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 37. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.790. DOI: https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.790
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2021). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768
Yerusalem, M. R., Rochim, A. F., & Martono, K. T. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 481. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.481-492. DOI: https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.481-492
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51–58. https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472.
Yustika, G. P., Subagyo, A., & Iswati, S. (2019). Masalah Yang Dihadapi Dunia Pendidikan Dengan Tutorial Online: Sebuah Short Review. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 187. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1178. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1178
Yusuf, M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Kencana.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100. DOI: https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100