Model Pembelajaran Open Ended Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40179Keywords:
Open Ended, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai kurang dari KKM yang ditetapkan oleh sekolah pada saat Penilain Tengah Semester dari 241 siswa, sebanyak 135 siswa sudah tuntas dan sebanyak 106 siswa tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran open ended terhadap hasil belajar matematika siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan desain non-quivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Mohammad Hatta sebanyak 6 kelas yang berjumlah 241 orang. Teknik random sampling dipilih dalam menentukan sampel penelitian. Metode tes yang digunakan dalam pengumpulan data. Diperoleh analisis data yang menunjukkan rerata hasil belajar matematika pada kelompok yang diberikan model pembelajaran Open Ended mendapatkan hasil 83,32 sedangkan rerata kelompok kontrol yang dibelajarkan secara konvensional mendapatkan hasil 64,02. Perolehan yang didapat melalui uji beda mean (t-test) yaitu thitung > ttabel (10,157 > 2,000), dengan alpha 5% dan dk= 80 sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan terdapat pengaruh hasil belajar matematika siswa kelas V SD.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publising.
Agustian, E., Sujana, A., & Kurniadi, Y. (2015). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 234–242. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1333. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1333
Amelia, dan I. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. PT. Bumi Aksara.
Angkasa, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Problems Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. 5, 1–4.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ary Siswanti, N. M. (2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 6, 186–195.
Cahyati, A. C., Andriani, L., & Revita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self. 3(2), 125–132. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9333
Cidrayanti, L. P., Sumantri, M., & Ganesha, U. P. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Di Gugus III Kabupaten Bangli Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Di Perri, G., Cazzadori, A., Vento, S., Bonora, S., Malena, M., Bontempini, L., Lanzafame, M., Allegranzi, B., & Concia, E. (1996). Comparative histopathological study of pulmonary tuberculosis in human immunodeficiency virus-infected and non-infected patients. Tubercle and Lung Disease, 77(3), 244–249. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8. DOI: https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8
Dwiantara, G. A., & Masi, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Open-ended terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa kelas XI IPA SMA NEGERI 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 57–70. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8
Hamid, A., & Fisika, P. (2017). Penerapan model pembelajaran open ended untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa di ma ulumul qur’an banda aceh tahun ajaran 2016/2017. 2(1), 36–41. DOI: https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v1i0.4504
Handayani, I. (2018). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. 1(1), 24–32.
Ikmah, F., Maryadi, & Wijayanti, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Problem Berbantu Media Kalkulator Dakon (Kakon) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ii Sdn Sambiroto 01 Kec Tembalang Kota Semarang. 2(3), 126–133. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/10394. DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10394
Kadarisma, G. (2018). Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa SMP. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 77–81. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2570. DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2570
Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–105. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9113. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9113
Koyan, I. W. (2007). Statistik Pendidikan, Teknik Analisis Data Kuantitatif (pp. 30–35). Universitas Pendidikan Ganesha.
Lestari, K. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(3), 169. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501
Lestari, N., Hartono, Y., & Porwoko. (2016). Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang Neny Lestari , Yusuf Hartono , dan Purwoko. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 81–95. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3284.81-95
Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593. DOI: https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593
Maryam, I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Open-Ended Dan Konstruktivis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 2(1), 26–40.
Nada, I., Utaminingsih, S., & Ardianti, S. D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd 1 Golantepus. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 216. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856
Noviyana, H. (2018). Pengaruh Model Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JURNAL E-DuMath, 4(2), 1. https://doi.org/10.26638/je.684.2064. DOI: https://doi.org/10.26638/je.684.2064
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122. DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Nur Millati Hanifah, M. A. K. B. M. A. B. (2019). Pengaruh Model Open Ended Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi ( Kotela ) Terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Technology., 3(3), 1–137. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734
Palah, Samsul, M. Maulana, A. N. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Berstrategi M-Rte. Pena Ilmiah, 2(1), 1161–1170.
Rahman Hakim, M. A. (2020). Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia. 2(1).
Renny, Sonbay, Yohana, R. (2019). the Effect of Open-Ended Teaching Model on Mathematics. 1(2), 105–110. DOI: https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i2.275
Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78
Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(1), 35. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.908. DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.908
Suriyani. (2016). Pengaruh Penerapan Open-Ended Terhadap Kemampuan. 2(2), 40–45.
Trisnawati, T. (2019). Journal Of Matematics Learning. 37–45. http://jml.ejournal.id/index.php/penmat/article/view/32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.