Model Pembelajaran Gallery Walk Berbantuan Flash Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa

Authors

  • Putu Nadi Astuti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Made Putra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I. B. Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44975

Keywords:

Gallery Walk, Flash Card, Ppkn

Abstract

Penggunaan inovasi-inovasi model pembelajaran belum diterapkan secara optimal, hal ini akan berdapak pada kegiatan pembelajaran menjadi monoton sehingga siswa kurang aktif dikelas, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran gallery walk berbantuan flash card terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment, menggunakan rancangan nonquivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini kelas V yang berjumlah 269 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling didapatkan ialah, satu SD untuk kelas eksperimen dan satu SD untuk kelas kontrol. Data penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen tes objektif bentuk pilihan ganda. Setelah  keseluruhan data terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Hasilnya menunjukkan  terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran gallery walk berbantuan flash card dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Pattimura Tahun Ajaran 2019/2020, dibuktikan dengan diperoleh thitung lebih dari ttabel = 5,98518 lebih dari 2,00 (dk sama dengan 39+38-2 sama dengan 75 dengan taraf signifikansi 5%), serta nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 32,5385 > 30,6842 dari nilai rata-rata kelompok kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran gallery walk berbantuan flash card terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa Kelas V SD.

Author Biographies

Putu Nadi Astuti, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

Made Putra, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

I. B. Gede Surya Abadi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

References

Agung, A. A. . (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Andestia, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk (GW) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/13107.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(01). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665.

Awal, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk Berbantuan Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/view/3573. DOI: https://doi.org/10.31849/bl.v6i2.3573

Dahiya, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Stay and Stray Berbantuan Flash Card pada Materi Gerak Tumbuhan di SMP. Skripsi, Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang.

Darmadi, hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Alfabeta.

Dewi, M. A. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1). https://ejournal.undisha.ac.id/index.php/JPMu/article/view/20790. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20790

Dewi, N. P. R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10623/6752.

Febriani, N. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence berbantuan Flash Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/19507/11552. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19507

Fitri, H. (2017). Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Menggunakan Media pembelajaran Flash Card dan Flipchart untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SmP Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsiyah, 2(2). https://www.neliti.com/id/publication/188273/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-group-invesgation-dengan-mengguna.

Hartawan, I. M. (2017). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di TK Nurus Sa’adah 03 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2). DOI: https://doi.org/10.24903/jw.v2i2.190

Heri, M. (2018). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun di TPA Yayasan Pantisila PAUD Santo Rafael Singaraja. Jurnal Kesehatan MIDWINERSLION, 3(2).

Indah, Y. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Dampaknya pada Kepercayaan Diri Siswa SMA. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(1). https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/download/194/173.

Manik, Y. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pada pelajaran ekonomi Kelas X di SMA Negeri 11 Perbaungan. Equilibrium, 7(2). https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/4778. DOI: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4778

Mulyani, S. (2017). Penggunaan Media Kartu (Flash Card) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/10786/7091.

Nurvita, S. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Flash Card Siswa Kelas 2 Sd Negeri Kenteng 01. Jurnal Unversitas Kristen Satya Wacana, 5(2). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/download/12308/961/. DOI: https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12308

Perdana, A. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Semolowaru 1 Surabaya. JPGSD, 6(5). https://www.neliti.com/id/publications/255010/pengaruh-model-pembelajaran-make-a-match-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-iv-s.

Priantara, T. (2019). Tingkat Pengetahuan Kelas V Terhadap Kesehatan Lingkungan Sekolah di SD Negeri Se Gugus Minomartini Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penjas, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, R. (2015). Kamus Profesional 850 Trilyun. Putra Mandiri.

Putra, R. M. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas X SMK Negeri 2 Langsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Matematika, 1(1). https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/kindi/article/view/840 .

Rahayu, A. S. (2018). Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn). Bumi Aksara.

Setiawan, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Ekonomi Kelas X.1 di SMA Negeri 5 Tellu Limpoe. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar.

Setyorini, T. (2019). Keefektifan Model Make A Match Berbantuan Flash Card Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Kabupaten Blora. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenadamedia Group.

Silberman, M. L. (2016). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nuansa Cedekiawan.

Suparni, N. (2017). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Metri Timur. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018

Syahputri, ade. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas IV MIS Amal Bakti. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://jurnalunivetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113/0. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wijanarko, Y. (2018). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Taman Cendekia, 1(1). https://jurnalustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia/article/download/1579/704. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579

Yani, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk untuk meningkakan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-B SMA Negeri 7 Takengon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2(2). http://jim.unsyiah.ac.id/geografi/article/view/5191.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Astuti, P. N., Putra, M., & Abadi, I. B. G. S. (2023). Model Pembelajaran Gallery Walk Berbantuan Flash Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 114–122. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44975

Issue

Section

Articles