Model Pembelajaran Team Games Tournament Bermediakan Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV

Authors

  • Trisna Nanda Putri Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Arini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44977

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Team Games Tournament, Question Card

Abstract

Saat proses pembelajaran, siswa jarang melakukan diskusi kelompok yang menyebabkan kurangnya interaksi dan peran siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team games tournament bermediakan question card terhadap hasil belajar Matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment), dengan desain penelitian nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 96 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD sebanyak 22 orang kelompok eksperimen dan 26 orang kelompok kontrol. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrument tes hasil belajar. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung sama dengan 2,62 dan ttabel sama dengan 2,000 untuk db sama dengan 46 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, karena thitung> ttabel  maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan siswa yang mengikuti model pembelajaran team games tournament bermediakan question card terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di. Rata-rata (mean) kelompok eksperimen yaitu 16,05 lebih besar dari rata-rata (mean) kelompok kontrol yaitu 13,04. Simpulan penelitian bahwa model pembelajaran team games tournament bermediakan question card berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD.

Author Biographies

Trisna Nanda Putri, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar,

Ni Wayan Arini, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar,

Luh Putu Putrini Mahadewi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Prodi Teknologi Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan

References

Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Armin, R., & Astuti, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 12 GU. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7, 178–183. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.455. DOI: https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.455

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.405

Dewi, N. K. A. S., Made Sulastri, M. P., & Sudana, D. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Mice Target Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7508.

Diantari, K. A., Suniasih, N. W., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Journal of Education Technology, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12505. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12505

Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. W. (2019). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 7, 1–11. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19969.

Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112–120.

Gunarta, I. Gd. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Handayani, N. P. I., Made Putra, M. P., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Berbantuan Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16237

Koyan, I. W. (2012). Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif.

Morelent, Y., & Syofiani. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234. DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234

Parmawati, A., Reffiane, F., & Hadi, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantu Media Ledusa Tema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 394. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19331. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19331

Pratiwi, N. L. M. T. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak Dengan Menginsersi Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984.

Rumape, O., Christopel, N., La Kilo, J., & La Kilo, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dilengkapi Kartu Nama dari Tata Nama Senyawa Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 40–46. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18609. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.26292

Sugiarto, R., Nurdyansyah, N., & Rais, P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Majalah Anak Materi Wudlu Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(2), 201–212. https://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1772. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1772

Sukasih, N. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 256. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16136. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16283

Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Media Ular Tangga dan Media Puzzle di Kelas XI. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 3(2). https://doi.org/10.33369/atp.v3i2.9911. DOI: https://doi.org/10.33369/atp.v3i2.9911

Wahyuni, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus IV Blahbatuh Tahun Ajaran 2017/2018. E-Journal PGSD, 6(1).

Witari, I. G. A., Putri, M., & Rati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7445. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.1.1.a2007

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Putri, T. N., Arini, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2023). Model Pembelajaran Team Games Tournament Bermediakan Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 140–147. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44977

Issue

Section

Articles