Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengurangan Menggunakan Metode Jarimatika pada Siswa Kelas 1
Keywords:
Metode Jarimatika, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Hasil pembelajaran materi pengurangan pada siswa kelas I SD masih banyak yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD dengan menerapkan metode Jarimatika. Metode Jarimatika merupakan salah satu metode praktis dan efisien dengan memanfaatkan anggota tubuh yaitu jari-jari tangan untuk melakukan operasi hitung pengurangan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dilaksanakan minimal dalam dua siklus dimana terdapat tiga kali pertemuan dalam satu siklus dan terdapat dua jam pelajaran dalam satu pertemuan. Prosedur penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu prencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi (Emzir,2007:239), hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peninkatan. Pada siklus I ketuntasan prestasi belajar siswa sebesar 77,78% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,52%.
References
Belakang, L. (2018). MULTIMEDIA UNTUK PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR Ali Subhan Afrizal Program Studi Teknik Informatika Politeknik Sekayu Email : alisubhan@rocketmail.com. VIII(1), 11–22.
Bintoro, H. S. (2015). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya , 2(2), 1–3. http://hdl.handle.net/11617/6001
Dukungan, H., Terhadap, K., Pasien, M., & Stroke, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.
Indah, R. P. (2015). Efektivitas Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 1–7.
Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Tunarungu Kelas Vi Di …. UNIK(Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 02(05), 191–196
Afrizal, A. S. (2018). Aplikasi Pembelajaran Jarimatika Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal TIPS: Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, 8(1), 11-22.
Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 30. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71
Anitah W, Sri. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, S. (2019)., Suharjono. dan Supardi.2019.PenelitianTindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Karso,dkk.(2009).Pendidikan Matematika I. Jakarta : Universitas Terbuka
Paramitha , I. A.(2017). Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 6-37
Prayugo, W. F., & Efendi, M. (2017). Pengaruh penggunaan metode jarimagic terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas IV. Jurnal Ortopedagogia, 1(3), 175–181
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.