Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengurangan Menggunakan Metode Jarimatika pada Siswa Kelas 1

Authors

  • Punagi SD Negeri 1 Merauke, Indonesia
  • Wanti Priyah Ningrum SD Negeri 1 Merauke, Indonesia
  • Sulistiani SD Negeri 1 Merauke, Indonesia
  • Dewi Puji Rahayu Universitas Musamus, Indonesia
  • Sadrack Luden Pagiling Universitas Musamus, Indonesia
  • Minuk Riyana Universitas Musamus, Indonesia

Keywords:

Metode Jarimatika, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Hasil pembelajaran materi pengurangan pada siswa kelas I SD masih banyak yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD dengan menerapkan metode Jarimatika. Metode Jarimatika merupakan salah satu metode praktis dan efisien dengan memanfaatkan anggota tubuh yaitu jari-jari tangan untuk melakukan operasi hitung pengurangan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) yang akan dilaksanakan minimal dalam dua siklus dimana terdapat tiga kali pertemuan dalam satu siklus dan terdapat dua jam pelajaran dalam satu pertemuan. Prosedur penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu prencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi (Emzir,2007:239), hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peninkatan. Pada siklus I ketuntasan prestasi belajar siswa sebesar 77,78% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,52%.

References

Belakang, L. (2018). MULTIMEDIA UNTUK PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR Ali Subhan Afrizal Program Studi Teknik Informatika Politeknik Sekayu Email : alisubhan@rocketmail.com. VIII(1), 11–22.

Bintoro, H. S. (2015). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya , 2(2), 1–3. http://hdl.handle.net/11617/6001

Dukungan, H., Terhadap, K., Pasien, M., & Stroke, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.

Indah, R. P. (2015). Efektivitas Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 1–7.

Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Tunarungu Kelas Vi Di …. UNIK(Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 02(05), 191–196

Afrizal, A. S. (2018). Aplikasi Pembelajaran Jarimatika Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal TIPS: Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, 8(1), 11-22.

Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 30. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71

Anitah W, Sri. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2019)., Suharjono. dan Supardi.2019.PenelitianTindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Karso,dkk.(2009).Pendidikan Matematika I. Jakarta : Universitas Terbuka

Paramitha , I. A.(2017). Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 6-37

Prayugo, W. F., & Efendi, M. (2017). Pengaruh penggunaan metode jarimagic terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas IV. Jurnal Ortopedagogia, 1(3), 175–181

Published

2023-06-26

How to Cite

Punagi, Wanti Priyah Ningrum, Sulistiani, Dewi Puji Rahayu, Sadrack Luden Pagiling, & Minuk Riyana. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengurangan Menggunakan Metode Jarimatika pada Siswa Kelas 1. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/55535

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)