Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VI
Keywords:
Hasil Belajar, Materi Statistika, Model Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kurang begitu aktif dan minat terhadap penjelasan guru dalam mata pelajaran matematika membuat hasil belajar siswa belum maksimal dan masih banyak yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, melalui Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi Statistik kelas VI. Desain penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang menyatakan bahwa dalam satu siklus terdiri dari empat langkah pokok yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan pada setiap siklus dimulai dari awal sampai akhir pembelajaran. Dalam pengumpulan data ini peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu: observasi, dokumentasi, tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 78% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 94,7%.
References
Abdurrahman, Mulyono. 2018. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aris shoimin.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media
Asep Jihad & Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran. Cetakan Pertama,Maret 2013:Jogjakarta:Multi Presindo
Dimyati dan Mudjiono.(2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teori Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Glazer. (2001). Problem Based Instruction. In M. Orey (ED), Emerging. Perspective on learning, teching, and technology.
Isjoni. (2013). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Jihad, A dan Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Ngalimun.(2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja. Pressindo
Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-209.
Rusman, 2011, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Rajawali Pers, Jakarta.
Rusman, Model-Model Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Pers, 2007), halm 134
Rusman.(2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shabir U, “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik”. Makasar: Jurnal Auladuna Vol. 2 No. 2, UIN Auladin Makasar,2015, hlm. 229
Siregar, E. & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarman. 2005. “Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 2 No. 2, pp. 68-73.
Sumantri, M. & Sayodih, N. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto, (2007).Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.