Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media LKPD untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Julita SMP Negeri Buti, Papua Selatan, Indonesia
  • Puji Hartono SMP Negeri Buti, Papua Selatan, Indonesia
  • Ahmad Syarifuddin SMP Negeri Buti, Papua Selatan, Indonesia
  • Yonarlianto Tembang Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Minuk Riyana Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Retno Wuri Sulistyowati Universitas Musamus, Merauke, Indonesia

Keywords:

Keaktifan, Media LKPD, Project Based Learning

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada pembelajaran IPA di kelas 7 siswa  kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Mereka cenderung bersifat pasif, hal ini terjadi karena guru belum mampu menarik perhatian siswa untuk aktif mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa kurang bersemangat  mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menerapkanmodel pembelajaran yang lebih      memfokuskan pada keaktifan siswa yaitu  Project Based Learning, model pembelajaran ini mendorong siswa menjadi lebih aktif, kreatif dan dapat meningkatkan keberanian dalam mengungkapkan pendapat serta  kemampuan untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari, Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan Keaktifan Belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media LKPD.Penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian akan dilaksanakan dalam beberapa siklus. Satu siklus terdiri dari  4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan dengan ketentuan pertemuan pertama untuk materi/eksperimen  dan pertemuan kedua  menyelesaikan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7A pada salah satu SMP yang berada  di Provinsi Papua Selatan. Penelitian dilakukan oleh guru mata pelajaran serta observer dilakuakan oleh teman sejawat melalui zoom meeting. Teknik pengumpulan data menggunakan data hasil observasi,keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan  keaktifan belajar siklus I sebesar 25% dengan 9 siswa yang aktif, sedangkan pada siklus II persentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 70% dengan 19 siswa yang aktif. Dengan demikian penerapan project based learning berbantuan media LKPD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas 7 SMPN Buti

References

Adnyawati, N.D.M.S. (2011). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 44(1).

Afriana, Jaka. 2015. Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zlhiddah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191–202.

Ardiyanti, Y. (2014). Penggunaan lembar kerja (LK) terbuka untuk peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kreatif pada mata kuliah biologi umum. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(1), 18–21.

Kusuma Wardani, R. F. A., Rifai, M., & Mandalwati, T. K. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Clis Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 104. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1596

Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Siswa Kelas Iii Sd. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 21–32.

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunaka1. Septiani, I., Lesmono, A. D. & Harimukti, A. Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X Mipa 3 Sman 2 Jember. J. Pembelajaran Fis. 9,. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64.

Wardani, M. R., Priyono, J., & Wisnaeni, F. (2020). Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Elektronik Melalui Instagram. Notarius, 13(2), 848–864. https://doi.org/10.14710/nts.v13i2.31183

Yulianto, A., Fatchan, A., Asnita, I., & K. (2017). Pembelajaran Projekct Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 448–453.

Published

2023-06-26

How to Cite

Julita, Puji Hartono, Ahmad Syarifuddin, Yonarlianto Tembang, Minuk Riyana, & Retno Wuri Sulistyowati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media LKPD untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPA. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/55540

Issue

Section

Articles