Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media LKPD untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPA
Keywords:
Keaktifan, Media LKPD, Project Based LearningAbstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada pembelajaran IPA di kelas 7 siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Mereka cenderung bersifat pasif, hal ini terjadi karena guru belum mampu menarik perhatian siswa untuk aktif mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa kurang bersemangat mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menerapkanmodel pembelajaran yang lebih memfokuskan pada keaktifan siswa yaitu Project Based Learning, model pembelajaran ini mendorong siswa menjadi lebih aktif, kreatif dan dapat meningkatkan keberanian dalam mengungkapkan pendapat serta kemampuan untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari, Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan Keaktifan Belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media LKPD.Penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian akan dilaksanakan dalam beberapa siklus. Satu siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan dengan ketentuan pertemuan pertama untuk materi/eksperimen dan pertemuan kedua menyelesaikan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7A pada salah satu SMP yang berada di Provinsi Papua Selatan. Penelitian dilakukan oleh guru mata pelajaran serta observer dilakuakan oleh teman sejawat melalui zoom meeting. Teknik pengumpulan data menggunakan data hasil observasi,keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar siklus I sebesar 25% dengan 9 siswa yang aktif, sedangkan pada siklus II persentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 70% dengan 19 siswa yang aktif. Dengan demikian penerapan project based learning berbantuan media LKPD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas 7 SMPN Buti
References
Adnyawati, N.D.M.S. (2011). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 44(1).
Afriana, Jaka. 2015. Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zlhiddah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191–202.
Ardiyanti, Y. (2014). Penggunaan lembar kerja (LK) terbuka untuk peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kreatif pada mata kuliah biologi umum. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(1), 18–21.
Kusuma Wardani, R. F. A., Rifai, M., & Mandalwati, T. K. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Clis Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 104. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1596
Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Siswa Kelas Iii Sd. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 21–32.
Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunaka1. Septiani, I., Lesmono, A. D. & Harimukti, A. Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X Mipa 3 Sman 2 Jember. J. Pembelajaran Fis. 9,. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64.
Wardani, M. R., Priyono, J., & Wisnaeni, F. (2020). Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Elektronik Melalui Instagram. Notarius, 13(2), 848–864. https://doi.org/10.14710/nts.v13i2.31183
Yulianto, A., Fatchan, A., Asnita, I., & K. (2017). Pembelajaran Projekct Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 448–453.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.