Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII C di SMP

Authors

  • Ahmad Syarifuddin SMP Negeri Buti, Papua Selatan, Indonesia
  • Puji Hartono SMP Negeri Buti, Papua Selatan, Indonesia
  • Julita SMP Negeri Buti, Papua Selatan, Indonesia
  • Sadrack L Pagiling Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Minuk Riyana Universitas Musamus, Merauke, Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, Aritmatika Sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping

Abstract

Menciptakan prestasi belajar yang maksimal guru harus bijaksana dalam menentukan model pembelajaran salah satunya yaitu dengan memahami karakteristik dari peserta didik dan juga permasalahan yang dialami oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dimana penelitian dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari dua pertemuan dengan ketentuan pertemuan pertama untuk materi dan pertemuan kedua untuk mengambil nilai evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas VII C pada salah satu SMP yang berada di provinsi papua selatan. Dimana peneliti dilakukan oleh guru mata pelajaran serta observer dilakukan oleh teman sejawat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan pengambilan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi aritmatika sosial dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping untuk siklus I diperoleh persentase sebesar 66,67% dan untuk siklus II diperoleh persentase sebesar 79,17%. Sikap peserta didik pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping diperoleh persentase sebesar 58,33% dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 70,83%. Sedangkan untuk keterlaksanaan pembelajaran di siklus I sebesar 88,89% dan siklus II sebesar 94,44%. Simpulan penelitian ini penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping pada materi aritmatika sosial di kelas VII C SMP Negeri Buti Merauke telah terlaksana dengan sangat baik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Ahmad, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas Vii C Di Smp Negeri Buti Merauke Tahun Ajaran 2022/2023. April, 1–11.

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16. Https://Doi.Org/10.28926/Briliant.V1i1.2

Ghozali, E. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Jigsaw (Ptk [Muhammadiyah Surakarta]. Http://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pubmed/26849997%0ahttp://Doi.Wiley.Com/10.1111/Jne.12374

Hasyim, M. (2014). Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran. Auladuna, 1(2), 265–276. Http://103.55.216.56/Index.Php/Auladuna/Article/View/556

Ismawati, N., & Hindarto, N. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 38–41.

Published

2023-07-07

How to Cite

Ahmad Syarifuddin, Puji Hartono, Julita, Sadrack L Pagiling, & Minuk Riyana. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII C di SMP. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/55548

Issue

Section

Articles