Media Peta Digital Berbasis Inquiry Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keberagaman Budaya Pada Siswa Kelas IV
Keywords:
Media, digital media, Inquiry Learning, berdiferensiasiAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan inovasi media peta digital berbasis inquiry dalam pembelajaran berdiferensisasi materi keberagaman budaya pada siswa kelas IV. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terbagi menjadi 5 tahap yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket ahli rancang bangun, ahli isi, ahli desain instruksional, dan ahli media pembelajaran. Ahli rancang bangun memperoleh 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli materi pelajaran memperoleh 93,18% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh 92,85% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran sebanyak 90% dengan kulifikasi sangat baik. Kualitas media juga diukur melalui uji perorangan dengan persentasi 90% kualifikasi sangat baik serta uji kelompok kecil persentase 88,33% kualifikasi baik. Efektifitas media peta digital menggunakan uji-t berkorelasi yang mendapatkan nilai sebesar -10,19 lebih besar daripada t-tabel. Hal tersebut artinya media peta digital efektif digunakan pada pembelajaran keragaman budaya siswa kelas IV.
References
Al Hidayah, H., Hidayatullah, H. M., Asnidar, A., & Nasir, N. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Desain Grafis Melalui Aplikasi Canva. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 97-102.
Alkhajar, E. N. S., & Sofyan, A. (2024). Media dan peradaban bangsa.
Amini, A., Damanik, D. R., Sihombing, Z. A., Rangkuti, V. S. M., & Rusli, R. (2024). Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(1), 61-66.
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Angkawijaya, Y. (2024). Tinjauan Peta Produktivitas Publikasi Peran Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran Daring. Titik Imaji, 6(2). http://dx.doi.org/10.30813/.v6i2.4860
Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing, 3.
Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 11-16.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.
Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192.
Ikhsan, M., Safitri, Y., Panigfat, M. F., Abdullah, A., & Tonra, W. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN PETA DIGITAL BERBANTUAN SOFTWARE ARCGIS UNTUK GURU GEOGRAFI DAN IPS MELALUI KEGIATAN MGMP KOTA TERNATE. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(1), 110 - 118. https://doi.org/10.28926/jppnu.v5i1.204
Jhon, L., & Alfiandra, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran PPkn di SMP Negeri 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1713-1720.
Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(01), 1-10.
Lestari, N. (2023). Media Pembelajaran berbasis multimedia interaktif.
Mursyidi, W. (2019). Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah, 3(1), 33-38.
Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 182-187.
Parhan, M. P. (2018). Kontekstualisasi materi dalam pembelajaran. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 7-18.
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28.
Pratama, A., Fazera, D., Fortunata, L. A., & Fadilah, R. (2024). Analisis Kebutuhan dan Perencanaan Pembelajaran Geografi Berbasis Teknologi Informasi di Era Digital pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Medan. ARSEN: Jurnal Penelitian Pendididikan, 1(2), 93-101. https://doi.org/10.30822/arsen.v1i2.2974
Rahmawati, F. N. (2024). Pendampingan Pelatihan Media Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Arab. TAAWUN, 4(01), 110-126. https://doi.org/10.37850/taawun.v4i01.612
Rohani, R. (2020). Media pembelajaran.
Rohman, A., Asbari, M., & Rezza, D. (2024). Literasi digital: Revitalisasi inovasi teknologi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 6-9.
Saptadi, N. T. S. (2024). BAB 4 KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GENERASI Z. Komunikasi Pendidikan, 37.
Saputro, M. F. A., Herlambang, B. A., & Anam, A. K. (2024). Sistem Informasi Geografis Peta Interaktif Pariwisata Kabupaten Pati berbasis Sistem. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 767-776.
Sari, M. (2017). Peta digital: Inovasi pembelajaran produktif abad 21 dengan smartphone dalam pembelajaran sejarah. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Satria, E., Har, E., Yuza, A., Gusmaweti, G., & Anwar, V. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Magnet (MANIAKNET) Untuk Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah Berpikir Komputasional Dan Berpikir Kreatif Dengan Blok Programming. IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 8(2), 209-221.
Suartama, I Kadek. 2016. Evaluasi Dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sukardi, 2018. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.
Tegeh, I Made, I Nyoman Jampel, Dan Ketut Pudjawan. 2014. 148 Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tohir, S. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(1).
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Made Wahyu Adiwinata, I Wayan Sujana, I Wayan Wiarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.