Video Pembelajaran Usaha Petani Bunga Berbasis Entrepreneurship Muatan IPAS Materi Kondisi Perekonomian Di Daerahku Siswa Kelas V SD
Keywords:
video pembelajaran, entrepreneurshipAbstract
Guru masih kurang memanfaatkan media pembelajaran sebagai sarana pendukung pada proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada kurangnya ketertarikan siswa, khususnya pada kelas V untuk mempelajari materi pembelajaran IPAS yang cukup banyak hafalan. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengetahui rancang bangun, validitas, dam efektivitas media video pembelajaran usaha petani bunga berbasis entrepreneurship muatan IPAS materi kondisi perekonomian di daerahku siswa kelas V SD. Jenis dari penelitian ini adalah pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE. Subjek uji coba menggunakan 18 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji t. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: (1) kualitas hasil uji rancang bangun memperoleh skor 91%, (2) Ahli materi pembelajaran 95%, ahli desain 90 %, ahli media pembelajaran 92%, uji coba perorangan 94% dan uji kelompok kecil 95%. (3) Uji efektivitas produk didapatkan dari uji statistik uji-t sehingga memperoleh Thitung sebesar 18.356 untuk db = 17 dan taraf signifikansi 5% diperoleh angka Ttabel sebesar 1,739. Hal ini berarti Thitung > Ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan menggunakan video pembelajaran usaha petani bunga berbasis entrepreneurship. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran usaha petani bunga berbasis entrepreneurship efektif digunakan dalam proses pembelajaran muatan IPAS materi kondisi perekonomian di daerahku siswa kelas V SD.
References
Afsari, R., Kesumawati, N., & Surmilasari, N. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK DALAM MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SD. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(4), 339–348. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i4.29431
Anata, I. B. G. S., Sujana, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK KEWIRAUSAHAAN KEGIATAN DAUR ULANG SAMPAH PADA MATERI IPAS SISWA KELAS 4 DI SD NEGERI 5 PEGUYANGAN. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 137–143. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.61197
Annisa, N., & Simbolon, N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI GAYA DI KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 8(2), 217–229. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199
Aribowo, W. P., & Sukarjo, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH BERBASIS BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SD. Joyful Learning Journal, 11(1), 38–43. https://doi.org/10.15294/jlj.v11i1.54262
Astuti, D. P., Nuraini, N. L. S., & Roebyanto, G. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Model Problem Based Learning Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 653–659. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p653-659
Cahyani, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203
Femi, Marwanti, E., & Setyawan, A. D. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis PPT interaktif muatan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri Bangunharjo Sewon Bantul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(3), 294–302. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i3.14872
Hafizh, M. A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantu Camtasia Studio Pada Materi Perkembangan Teknologi Kelas Iv Sd. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(1), 141–154. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6411
Khairunnisaa, S., Kartono, K., & Salimi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia Kelas III SD. AS-SABIQUN, 5(4), 1087–1101. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i4.3642
Khasanah, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2), 44–49. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p44-49
Kristin, F. (2021). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Lembar Kerja Siswa Muatan Pelajaran Ips Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1038
Latifah, H. A., & Maiyena, S. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Berorientasi STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terkoneksi Ayat Alqur’an Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X MIPA Di SMA/MA. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 1(2), 63. https://doi.org/10.31958/je.v1i2.4877
Malianor, S., Mawaddah, S., & Amalia, R. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERBANDINGAN BERBASIS BUDAYA BANJAR UNTUK SISWA SMP KELAS VII. JURMADIKTA, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1220
Maysella, Y. G., Imam, S., & Cholifah, P. S. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Poster Berbasis Ppt Interaktif dan Media Video Animasi pada Muatan IPS Kelas IV di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 682–687. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p682-687
Panjaitan, S. K., & Napitupulu, S. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI CAHAYA KELAS V SD. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(3), 242–246. https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i3.87
Pitri, A., & Oktavia, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Materi Perubahan Lingkungan Siswa Kelas V SD. Journal on Education, 5(4), 12574–12584. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2242
Pradiptha, I. P. A., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32788
Prasanthi, N. M. D., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 74–87. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33622
Puspitasari, M., Cholifah, P. S., & Putra, A. P. (2022). Pengembangan E-Modul Muatan IPS Berbantuan Web Live Worksheet Materi Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Sekitar Sampai Provinsi pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1027–1039. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1027-1039
Rahmadani, Y., Yuniawatika, Y., & Bintartik, L. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis React Materi Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 847–854. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854
Rizqiyani, S. B., Agustini, F., & Mushafanah, Q. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAP-POPUP BOOK PADA MATERI DAERAHKU DAN KEKAYAAN ALAMNYA DI KELAS IV SD ISLAM SALAFIYAH MARGOMULYO. Wawasan Pendidikan, 3(2), 766–775. https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.16427
S.H. Wijaya, I.M. Tegeh, & I.K.Suartama. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MUATAN PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS IV SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644
Saputra, A., Cahyati, L., & Khairita, M. N. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON MATERI KONVERSI SATUAN PANJANG MUATAN MATEMATIKA KELAS III SD. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 252–264. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4259
Siti Anggreni, N. K., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Video Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Hidup Hewan pada Muatan IPA Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 319–328. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.33212
Sonia, G., Hidayati, A., Syafril, S., & Supendra, D. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan Wujud Zat Kelas IV SD. Jurnal Family Education, 3(3), 310–320. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.129
Sukmasari, N. K. R., & Sujana, I. W. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Muatan Materi Masalah Sosial untuk Pembelajaran Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Instruction, 1(2), 95–106. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.31384
Syavira, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039
Tegeh, M., Jampel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Tiflatul Husnah, P. K. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Muatan Matematika Materi Pecahan Dan Pengubahan Bentuk Pecahan Di Kelas IV SD. Invention: Journal Research and Education Studies, 17–23. https://doi.org/10.51178/invention.v4i3.1631
Triana, N. W., & Tamba, R. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMIK DIGITAL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI DAERAHKU KELAS IV SD. Jurnal Handayani, 14(1), 95. https://doi.org/10.24114/jh.v14i1.47059
Widianingrum, A., Sulianto, J., & Rais, R. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI FPB/KPK KELAS IV UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DI SD NEGERI TAMBAKREJO 01 SEMARANG. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 1(1). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v1i1.1112
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Wayan Agastya Nusa Bakti, Anak Agung Gede Agung , I Wayan Sujana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.