Penerapan Model Creative Problem Solving Berbantuan Teknik Jarimatika Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Luh Novi Aryati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika
  • I Wayan Sujana

Keywords:

Creative Problem Solving (CPS), jarimatika, kemampuan numerasi

Abstract

Rendahnya kemampuan numerasi siswa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurangnya kesiapan guru dalam memberikan pembelajaran serta kurangnya sarana prasarana pendukung pembelajaran yang dimiliki sekolah termasuk ketersediaan bahan ajar, hal ini mengakibatkan penurunan kemampuan belajar siswa. Jika dibiarkan terus menerus maka siswa akan kesulitan dalam memahami konsep matematis dalam kehidupannya. Maka dari itu diperlukan sebuah model pebelajaran yang dapat membantu guru menuntun perilaku peserta didik, menciptakan lingkungan belajar yang ideal. Sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa setelah dibelajarkan menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan Teknik Jarimatika. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian non-equivalent control group desain. Populasi dalam penelitian adalah berjumlah 413 siswa. Penentuan sampel dalam ini penelitian menggunakan cluster random sampling. Kelompok eksperimen dari kelas sebanyak 30 siswa, serta kelompok kontrol sebanyak 28 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan tes objektif pilihan ganda dan tipe benar salah. Data kemampuan numerasi dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji-t Polled Varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa model Creative Problem Solving berbantuan teknik Jarimatika berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV SD Negeri Gugus III Kuta Utara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, model ini mampu memberikan pengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa pada materi kalimat matematika dan perhitungan. Saat pembelajaran dilaksanakan secara kelompok, siswa dapat saling berdiskusi dan mencari penyelesaian dari permasalahan yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

References

Adinda, D. W., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Dasar Siswa Sekolah Dasar Di SDN Mentokan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1066–1070. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.700

Adminlp2m. (2022). Mengenal validitas internal Dalam Penelitian Beserta Contoh. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. https://lp2m.uma.ac.id/2022/07/18/mengenal-validitas-internal-dalam-penelitian-beserta-contoh/

Agung, A. A. G. (2021). Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Agung, A. A. G., dkk. (2022). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Digitalisasi dan Aplikasinya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustina, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Bangun Ruang Khususnya pada Materi Balok di Kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame TP 2018/2019.

Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 30. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71

Amelia, N. P., & Ma’arif, S. (2022). Pengaruh Pengguna Media Sosial Tiktok Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa Kelas IV Di SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1201-1207.

Annisah, S., Suhendi, S., Supriatin, A., & Masfi’ah, S. (2021). Penurunan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19. Elementary : jurnal ilmiah pendidikan dasar, 7(2), 201. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3745

Apino, E., & Retnawati, H. (2017). Perangkat Pembelajaran Matematika Semester Genap Menggunakan Model pembelajaran Creative Problem Solving Berorientasi pada Higher Order Thinking Skills Siswa.

Arikunto. (2018). Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz, Z., & Prasetia, I. (2021). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal EduTech, 7(1), 107–113. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/6661

Azmi, Anisa, Cahyono, & Adi. (2018). Mathematics literacy on creative problem solving with realistic mathematics education approach assisted by e-learning schoology. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 188–194. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.24472

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.

Budiastuti, D. & A. Bandur. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Budiana, Sudana, & Suwatra. (2013). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–25.

Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. Yasamas 1.

Dewa, I., Udayani, A. T., Agung, G., Wulandari, A., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Model Creative Problem Solving Terhadap Minat Belajar Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP), 4(2), 284–293.

Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas Dan Hormonal. Universitas diponegoro,October,14.https://www.researchgate.net/publication/3286004 62

Ekowati, D. W. T., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Hina, I. M., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.

Firliani, F., & Suciaty, N. (2022). Pelatihan Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 1(1), 30–35. https://doi.org/10.56855/income.v1i1.19

Hartatik, S. & Maulidinia, A. P. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang PendidikanDasar (JBPD) JBPD, 3(2), 1–6. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php

Huda, Miftahul (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Junaedi, Y., Yulianto, D., & Anwar, S. (2023). Analisis Hasil Akhir Kemampuan Numerasi Melalui Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. GeoMath, 4(1), 11–18.

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. In Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoirunnisa, S., Adirakasiwi, A. G., Karawang, U. S., & Ronggo Waluyo, J. H. S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP pada Era Merdeka Belajar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 925–936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393

Koyan, I. W. (2012). Teknik Analisis Data Kuantitatif & Kualitatif Lengkap. DosenSosiologi.com. https://dosensosiologi.com/teknik-analisis-data-kuantitatif-kualitatif-lengkap/#:~:text=Menurut Bogdan dan Biklen%2C analisis, berjalan dengan proses sebagai berikut.

Lanya, H., & Dariyatul Aini, S. (2020). Pelatihan Metode Jarimatika sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pengabdian Pada masyarakat, 5(2), 390. http://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Malisa, S., Bakti, I., & Iriani, R. (2018). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Vidya Karya, 33(1), 1. https://doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5388

Mandasari, L., & Asnawi. (2022). Efektivitas Media Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian. TA’DIB : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 12(1).

Mitchell, W.E & Kowalik, T.F. (1999). Creative Problem Solving. NUCEA: Genigraphict Inc.

Muhyi, Muhammad H. S. (2018). Metodologi Penelitian. Surabaya: Adi Buana University Press.

Muslich. (2013). Manfaat Model Pembelajaran. Rieneka Cipta: Jakarta.

Mutmainah, A. L., Ruswana, A. M., & Solihah, S. (2023). Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Pokok Bahasan Program Linear. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 191. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8892

Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(3), 361. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263

Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. JANACITTA, 6(1), 38-47.

Prayoga, A. Y. (2022). Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Kelas Iv Sdn 4 Banyubiru Bali Tahun Pelajaran 2021 / 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan September 2022 Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Kelas Iv Sdn 4 Banyubiru Bali Tahun Pela.

Prasetyono, Dwi Sunar dkk. (2009). Pintar Jarimatika. Yogyakarta: Diva Press

Punaji, H. S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian dan Kebudayaan.

Rahmawati Fitriana. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cps (Creative Problem Solving) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Sd Swasta Islam Terpadu Bandar Lampung. Inventa, 7(1), 20–26. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a6988

Rahmawati, I. R. (2022). Literasi matematis dan mathematical habits of mind peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika berorientasi kemampuan 4C (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).

Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, N. T. (2020). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(101), 258. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673

Sugiyono. (2021). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.

Susriyanti, S., Yeni, F., & Yulasmi, Y. (2022). Implementasi dan Aplikasi Literasi Numerasi Di SDN 20 Labuhan Tarok, Bungus Teluk Kabung, Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 1-6. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i3.141

Team, I. E. (2020). Numeracy Skills: Definition and Examples. Indeed.com. Retrieved from Indeed.com Website: https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/numeracy-skills

Totiana, Fian, Elvi Susanti VH, dan Tri R. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Yang Dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012.

Tria, E., Susanta, A., & Djuwita, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Coreative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa di Kelas VA SD Negeri 99 Rejang Lebong. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14670n

Valchev, M. (2022). Business Phrase. Retrieved from businessphrases.net: https://www.businessphrases.net/numeracy-skills/

Wahyuningsih, S. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.

Wirjosudirdjo, S. (1974). Perluasan Mengenai Koefisisen Reliabilitas dari Kuder-Richardson (KR-20). Proceedings ITB, 8, 53–66.

Wulandari, S. P. (2009). Jarimatika. Jakarta: Kawan Pustaka.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7, 17-23.

Published

2024-08-30

How to Cite

Ni Luh Novi Aryati, Gusti Ngurah Sastra Agustika, & I Wayan Sujana. (2024). Penerapan Model Creative Problem Solving Berbantuan Teknik Jarimatika Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/78322

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)