Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar PKN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18066Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektivitas implementasi model pembelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar PKn kelas V, 2) perbedaan hasil belajar PKnsiswa yang mengikuti model pemebelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian menggunakan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Seririt yang berjumlah 126 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas V di SD N 2 Unggahan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelas V SD N 4 Patemon sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 20 orang. Data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistikuji t-Brunning dan anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implementasi model permbelajaran Word Square berbantuan Mind Mappingefektif dalam pembelajaran PKn, 2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V di SD Gugus VI Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata-kata kunci: hasil belajar PKn, Mind Mapping, Word Square
References
Agung, A. A. Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, suatu Pengantar. Singaraja: FIP Undiksha Singaraja.
Aningsih, Ni Nengah. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap HasilBelajar IPA Kelas IV SD Gugus I Kecamatan Pupuan”. Mimbar PGSD, Volume 1.
Japa, I Gusti Ngurah dan I Made Suarjana. 2015. “Pendidikan Matematika I”. Singaraja:Undiksha.
Karwono dan Heni Mularsih. 2017. “Belajar dan Pembelajaran”. Depok: Rajawali Pers.
Kurniasari, Ni Pd. Mirah. 2013 “Pengaruh Model pemeblajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Tegallalang”.Mimbar PGSD, Volume
Kurniasih, Imas. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Lestari, Gusti Ayu, I Gusti Agung Oka Negara, Ni Nyoman Ganing. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No:
Muriana, Dw GedeAlit. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 Di SD Desa Tista Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 2 No: 1 Tahun 2014
Perdani, I Gusti Ayu Mirah, Ketut Gading, Putu Nanci Riastini. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Bermotivasi Belajar Berbeda Di Kelas IVSD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1
Rasana, I Dewa Putu Raka. 2009. Model-model Pembelajaran. Singaraja: FIP Undiksha.
Rofiah, Dyah Ayu. 2018. Perolehan Belajar Siswa Kelas Iii Dengan Model Pembelajaran Word Square Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Negeri Besani Kabupaten Batang. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol,2. No,2.
Sukandheni, Luh Putu, I Nengah Suadnyana, DB. Kt. Ngr. Semara Putra. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Gugus Budi Utomo Denpasar Timur. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranamedia Group.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wati, Ni Nym. Kurnia. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Bermuatan Media Cerita Ramayana Terhadap Hasil Belajar PKn di SD No 3 Banjar Jawa”. Mimbar PGSD, Volume 1.
Widiartini, Sri. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Kelas V SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2.
Widura, Sutanto. 2016. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: Gramedia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)