Efektifitas Multimedia Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21843Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran yang masih bersifat konvensional, media pendukung pembelajaran yang jumlahnya tidak sesuai dengan kebutuhan, minat belajar siswa yang rendah dan jumlah siswa yang memiliki nilai rendah. Tujuan penelitian adalah menghasilkan media pendukung pembelajaran dalam bentuk aplikasi multimedia interaktif untuk pembelajaran Desain Grafis Dasar. Fokus penelitian adalah mengembangkan multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil uji efektifitas multimedia interaktif diperoleh dari perbandingan nilai-nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penerapan multimedia interaktif dalam kategori efektif. Kesimpulannya, multimedia interaktif yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Painan
Kata kunci: Efektivitas, Interaktif, Multimedia
References
Ayuwanti, Irma. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016
Istiqlal, M. 2010. Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Tesis yang dipublikasikan. Yogyakarta: UNY.
Nana, Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rangga, Sanjaya. 2016. Multimedia Interaktif Pelatihan Service Excellent Menggunakan Pendekatan Story Based Learning. Tesis yang dipublikasikan. Yogyakarta: UNY.
Robert Maribe Branch. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach.
Syaiful, Sagala. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Pembelajaran dan Jenis-Jenisnya. Jakarta: Rineka Cipta
Vaughan. 1994. Pentingnya Media Interaktif. Bandung: Alfabeta.
Viandika, Ditama. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Program Adobe Flash Untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA Kelas XI. Tesis yang dipublikasikan. Bandung: UPI.
Yamin, Monawatidan M . 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Studypada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . Jurnal Pesona Dasar Universitassyiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)