Kinerja Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Ditinjau dari Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar

Authors

  • Alhubbiar Sant Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan Universitas Negeri Padang
  • Kasman Rukun Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan Universitas Negeri Padang
  • Dedy Irfan Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21834

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini didasarkan pada kurangnya pencapaian tujuan kinerja belajar siswa yang dapat dilihat dari rendahnya kinerja belajar siswa yang terlihat pada rendahnya hasil praktek atau unjuk kerja siswa ketika praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi: Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Kinerja Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas XII berjumlah 142 siswa, sampel dipilih dengan metode random sampling berjumlah 105 siswa. Pemrosesan data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap Inovatif memiliki hubungan positif yang signifikan dengan Kinerja Belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,389 dan kontribusi sebesar 0,151. Selain itu, ada juga hubungan positif yang signifikan antara Disiplin Belajar dengan Kinerja Belajar TIK, dengan koefisien korelasi 0,418 dan kontribusi 0,174. Selanjutnya ditemukan juga hubungan positif yang signifikan antara Motivasi Belajar dengan Kinerja Belajar TIK, dengan koefisien korelasi 0,323 dan kontribusi sebesar 0,104. Akhirnya ditemukan juga hubungan positif yang signifikan antara Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar bersama-sama dengan Kinerja Pembelajaran PTIK, dengan koefisien korelasi 0,575 dan kontribusi 0,330. Temuan ini merekomendasikan perlunya sikap inovatif, disiplin dan motivasi siswa sehingga akan berdampak pada peningkatan kinerja kinerja pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi siswa.

 

Kata kunci: Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Kinerja Belajar

Author Biography

Alhubbiar Sant, Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan Universitas Negeri Padang

 

 

References

Arikunto , Suharsimi . (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara.

Asmani, Jamal Ma'mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Jogjakarta: Diva Press.

Benyamin Setiawan.2001. Peran Kreativitas : Inovasi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat . Jakarta: Pustaka Populer Obor .

Djaali dan Muljono , P. (2007). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan . Jakarta: Grasindo.

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 Hal. 93-196. Tersedia Pada: http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/2838/2064.

Elly, Rosma. 2016. Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No. 4 Hal. 43-53. Tersedia Pada: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/7540/6207.

Fauziah, Amni, Asih Rosnaningsih, Samsul Azhar. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD Vol. 4 No. 1 Hal. 47-53. Tersedia Pada: http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/9594.

Haryono, Sugeng. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 3 November 2016, hal 261-274. Tersedia Pada: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/download/939/874.

Hasibuan , Malayu . 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia . Bumi Aksara . Jakarta.

McNeil, JD 1992. Pemahaman Reading. Petunjuk Baru untuk ClassroomPractice . Edisi ketiga. New York: Harper Collins.

Moenir . 2010. Masalah-Masalah dalam Belajar . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto , N. 20 06 . Psikologi Pendidikan . Bandung . PT. Remaja Rosdakarya .

Downloads

Published

2019-11-13

How to Cite

Sant, A., Rukun, K., & Irfan, D. (2019). Kinerja Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Ditinjau dari Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 263–270. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21834