Kinerja Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Ditinjau dari Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21834Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini didasarkan pada kurangnya pencapaian tujuan kinerja belajar siswa yang dapat dilihat dari rendahnya kinerja belajar siswa yang terlihat pada rendahnya hasil praktek atau unjuk kerja siswa ketika praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi: Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Kinerja Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas XII berjumlah 142 siswa, sampel dipilih dengan metode random sampling berjumlah 105 siswa. Pemrosesan data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap Inovatif memiliki hubungan positif yang signifikan dengan Kinerja Belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,389 dan kontribusi sebesar 0,151. Selain itu, ada juga hubungan positif yang signifikan antara Disiplin Belajar dengan Kinerja Belajar TIK, dengan koefisien korelasi 0,418 dan kontribusi 0,174. Selanjutnya ditemukan juga hubungan positif yang signifikan antara Motivasi Belajar dengan Kinerja Belajar TIK, dengan koefisien korelasi 0,323 dan kontribusi sebesar 0,104. Akhirnya ditemukan juga hubungan positif yang signifikan antara Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar bersama-sama dengan Kinerja Pembelajaran PTIK, dengan koefisien korelasi 0,575 dan kontribusi 0,330. Temuan ini merekomendasikan perlunya sikap inovatif, disiplin dan motivasi siswa sehingga akan berdampak pada peningkatan kinerja kinerja pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi siswa.
Kata kunci: Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Kinerja Belajar
References
Arikunto , Suharsimi . (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara.
Asmani, Jamal Ma'mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Jogjakarta: Diva Press.
Benyamin Setiawan.2001. Peran Kreativitas : Inovasi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat . Jakarta: Pustaka Populer Obor .
Djaali dan Muljono , P. (2007). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan . Jakarta: Grasindo.
Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 Hal. 93-196. Tersedia Pada: http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/2838/2064.
Elly, Rosma. 2016. Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No. 4 Hal. 43-53. Tersedia Pada: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/7540/6207.
Fauziah, Amni, Asih Rosnaningsih, Samsul Azhar. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD Vol. 4 No. 1 Hal. 47-53. Tersedia Pada: http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/9594.
Haryono, Sugeng. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 3 November 2016, hal 261-274. Tersedia Pada: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/download/939/874.
Hasibuan , Malayu . 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia . Bumi Aksara . Jakarta.
McNeil, JD 1992. Pemahaman Reading. Petunjuk Baru untuk ClassroomPractice . Edisi ketiga. New York: Harper Collins.
Moenir . 2010. Masalah-Masalah dalam Belajar . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto , N. 20 06 . Psikologi Pendidikan . Bandung . PT. Remaja Rosdakarya .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)