Efektivitas Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Mata Kuliah Perawatan Kulit Wajah Jurusan Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24171Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan modul pembelajaran berbasis e-learning pada materi Rias Wajah Film Foto dan Karakter, mengetahui efektitifas modul pembelajaran berbasis e-learning untuk materi Rias Wajah Film Foto dan Karakter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), menggunakan model pengembangan Plomp, melalui tahap preliminary, prototyping stage dan assessment stage. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Tata Rias dan Kecantikan yang mengambil mata kuliah Rias Wajah Film Foto dan Karakter. Data penelitian dikumpulkan melului instrumen efektivitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis efektivitas menggunakan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji efektifitas pengembangan modul pembelajaran berbasis e-learning pada mata kuliah Perawatan Kulit Wajah jurusan Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang, diperoleh dari nilai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa modul pembelajaran berbasis e-learning dan kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran secara konvensional, memperoleh nilai efektivitas dengan kategori efektif. Kesimpulannya modul pembelajaran berbasis e-learning pada mata kuliah Perawatan Kulit Wajahjurusan Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang berhasil dikembangkan.
Kata Kunci— Efektivitas, E-Learning, Modul
References
Azwar, S. (2014). Reliabiltas dan Validitas. Edisi Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Darmayanti, Tri dkk. (2007). E-learning pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep sga. (2000). Sistem E-learning. Jakarta: Salemba Empat.
Heinze A dan Procter C, 2010. The Signifcance of the Refective Practitioner in blended learning. International Journal of Mobile and Blended Learning, 2(2), 18-29, University of Salford, UK.
Karwati, Euis. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi. 17 (01), 41-54.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Panduan Pengembangan Modul Elektronik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Khan, B. H. (2005). Managing E-learning Strategies:Design, Delivery, Implementation and Evaluation. USA: The British Library.
Mawarni, Sella. (2016). Pengembangan Digital Book Interaktif “Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif” untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY. Tesis.
Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Telekomunikasi. Bandung : Alfabeta.
Neo, Mai et.al. (2015). Technology of Healthcare E-learning Modules: A Study of Korean and Malaysian Students’s Perceptions. TOJET: Journal of Educational Technology. 14 (2), April 2015.
Norhayati, A. M., & Siew, P. H. (2004). Malaysian Perspective: Designing Interactive Multimedia Learning Environment for Moral Values Education. Journal Educational Technology & Society. 7 (4), 143-152.
Nurhayati. (2013). Pemberdayaan E-learning Sebagai Media Pembelajaran Ramah Lingkungan. Jurnal Saintech. 05 (01), ISSN: 2086-9681.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press
Prasetya, Didik Dwi. (2015). Kesiapan Pembelajaran Berbasis Buku Digital. Jurnal Teknoogi Elektro dan Kejuruan. 24. ISSN: 1693-8739.
Purwanto, Ngalim. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rahyubi, Heri. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media.
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfa Beta.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Plomp, T. (2013). Educational Design Research: an Introduction. Dalam T. Plomp & N. Nieveen (Eds), Educational Design Research Part A: an Introduction (pp.10-15). Enschede: SLO.
Sanjaya, Wina. (2013). Perancangan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Saputra, Wawan, Purnama, B., E. (2012). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 04 (02). ISSN 2088-0154
Smaldino,S.E, et al. (2011). Instructional Tecnology and Media for Learning 9th Edition. New Jersey: Merril Prentice Hall Inc.
Solcova, Lucia &Magdin, Martin. (2016). Interactive Textbook- A New Tool in Off-line and On-Line Education. TOJET;Journal of Education Technology.15 (3), July 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)