Development of Interactive Media as Support for Workshop Materials on Model School Programs

Authors

  • Ariasdi . Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan, Universitas Negeri Padang
  • Kasman Rukun Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan, Universitas Negeri Padang
  • Dedy Irfan Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21864

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah perlunya peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran di Sekolah Model yang dibangun oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Barat (LPMP). Para guru membutuhkan peningkatan kompetensi dalam bentuk workshop untuk mengemas media pembelajaran berbasis TIK agar layanan proses pembelajaran kepada siswa sesuai dengan kompetensi abad ke-21. Agar materi workshop dapat diserap guru secara optimal, perlu dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis TIK yang praktis sehingga materi pembelajaran dapat dikuasai secara maksimal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, melalui tahapan; analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Media ini telah diuji kepada Guru Model Sekolah binaan LPMP Sumatera Barat 2019 dalam bentuk pra-eksperimen design dengan melihat perbandingan hasil Pretest-Posttest. Validator media terdiri dari dosen dan praktisi (widyaiswara) untuk melihat validitas media dan konten materi. Nilai rata-rata validasi media adalah 0,85, sedangkan konten materi rata-rata adalah 0,88. Skor rata-rata lokakarya pra-tes sebelum menggunakan media 65,5 setelah menggunakan media diperoleh rata-rata 83,3. Tes kepraktisan berdasarkan tanggapan instruktur (widyaiswara) dihasilkan skor 91% dikategorikan sangat praktis dan berdasarkan tanggapan guru (peserta workshop) skor rata-rata 86,34% dikategorikan sangat praktis. Representasi data menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat membantu bagi guru dalam menguasai materi workshop.

 

Kata kunci: media interaktif; sekolah model; kompetensi guru; materi workshop

References

Andersen, Bent B. dan Katja van den Brink. 2013. Multimedia in Education : Curriculum. Moscow: UNESCO Institute for Information Technologies in Education, Russian Federation.

Brown, John Seely. 2002. Learning in the Digital Age . The Internet and the University: Forum 2001 http://www.johnseelybrown.com/learning_in_digital_age-aspen.pdf (diakses 28 April 2017).

Buckingham, David. 2003. Questioning the Media: A Guide for Students. UNESCO.

CEMCA. 2013. E-Learning in Commonwealth Asia 2013, is Made Available Under Creative Commons Attribution. India: Published by Mr. R. Thyagarajan, Head (Administration and Finance), CEMCA, 13/14, Sarv Priya Vihar, New Delhi.

Depdikbud. 2017. Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 SMK – Analisis Materi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Depdiknas. 2007. Panduan Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Djamarah dan Syaiful Bahri. 1992. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

England, Elaine dan Andy Finney. 2011. Managing Interactive Media. United Kingdom: ATSF White Paper – Interactive Media UK.

Pramono, Gatot. 2008. Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran. Bahan Pelatihan TIK Untuk Pendidikan Panduan Bagi Instruktur. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Depdiknas.

Goldman-Segall, Ricki dan John W. Maxwell. 2003. Computers, the Internet, and New Media for Learning. Handbook of Psychology, Volume 7, Chapter 16. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Hendrick, Timothy. 2013. Introduction To Media. One Washington Square

San Jose: School of Journalism and Mass Communications.

Ho C.Y, Cherri. 2010. Intergenerational Learning (between Generation X & Y) in Learning Families: A Narrative Inquiry – International Education Studies. Canadian Center of Science and Education Vol. 3, No. 4; November 2010

Howe, Neil dan William Strauss. 1992. Generations: The History of America's Future, 1584 to 2069. Quill; Reprint edition. ISBN-10: 0688119123 ISBN-13: 978-0688119126.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kamus versi online/daring (dalam jaringan). https://kbbi.web.id/interaktif (diakses 20 Januari 2017).

Indikator Mutu dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Holden. Ed.D. Jolly T. 2015. WHITE PAPER AN INTRODUCTION TO THE ADDIE INSTRUCTIONAL SYSTEMS DESIGN MODEL. http://www.fgdla.us/uploads/White_Paper_Introduction_to_the_ADDIE_ISD_Model.pdf. (diunduh 2/5/2017).

Kafka, Ben. 2014. Media/Medium (of Communication). United Kingdom: Princeton University Press.

Keeling, Sarah. 2003. “Advising the Millennial Generation”. Journal of the National Academic Advising Association (NACADA Journal), Volume 23 (1 & 2) Spring & Fall 2003. ISSN: 0271-9517 - eISSN: 2330-3840

Kozma, Robert. B. 1991. Learning with media. University of Michigan: Review of Educational Research, 61(2), 179-212.

Kozma, Robert. B. 1994. Will media influence learning? Reframing the debate. Educational Technology Research & Development, 42(2), 7-19. Retrieved February 15, 2006.

McGriff, Steven J. 2000. Instructional System Design (ISD): Using the ADDIE Model. Instructional Systems, College of Education, Penn State University.

McLuhan, Marshall. 1993. Understanding Media: The Extensions of Man (Reprint Edition).USA: First MIT Press Edition.

Munir. 2005. Konsep dan Aplikasi Program Pembelajaran Berbasis Komputer (Computer Based Interaction), P3MP, UPI.

Munir. 2012. Multimedia - Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Jakarta: Alfabeta, CV.

Prensky, Marc.. 2010. Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. USA: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2015. Jakarta: Salinan Lembaran Negara.

Reeves, C. Thomas, Ph.D. 1998. The Impact of Media and Technology in Schools: A Research Report prepared for The Bertelsmann Foundation. USA: The University of Georgia.

Rockwell, Geoffrey and Andrew Mactavish. 2005. Preprint of a chapter on “Multimedia” for the Companion to Humanities Computing. London: Blackwell Press.

Schmid, Beat. 1998. The Concept of Media. Switzerland: University of St. Gallen Müller-Friedberg Strasse 8 CH-9000 St. Gallen.

SEG Research. 2008. Understanding Multimedia Learning: Integrating Multimedia in the K-12 Classroom. BrainPOP, LLC. New Hope: Pennsylvania.

Stemler, Luann. K. 1997. “Educational Characteristics of Multimedia: A Literature Review”. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, Volume 6 (3/4): 339-359.

Strauss, William & Howe, Neil. 1991. Generation. New York, NY.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabetica.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetica.

Tolbize, Anick. 2008. Generational differences in the workplace. Research and Training Center on Community Living. University of Minnesota.

Undang-Undang Nomor 23 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2013. Jakarta: Salinan Lembaran Negara.

UNESCO. 2013. Guidelines on adaptationof the UNESCO ICT Competency Framework for Teachers.. Published by Moscow: the UNESCO Institute for Information Technologies in Education.

Winkel, WS. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

., A., Rukun, K., & Irfan, D. (2019). Development of Interactive Media as Support for Workshop Materials on Model School Programs. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 406–413. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21864