Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Pembelajaran Treffinger
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.44008Keywords:
pendekatan saintifik, treffinger, pemecahan masalah, berfikir kritis, MatematikaAbstract
Kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti rendahnya motivasi belajar siswa dan metode belajar yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa SD kelas IV. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah factorial design (rancangan faktorial) 2x2 dan desain penelitian Post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar yang berjumlah 157 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar soal. Teknik yang digunakan untuk menganalis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
References
Afifah, E. P., Wahyudi, & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Ttrhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95–107. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822.
Akib, E., Imran, M. E., Mahtari, S., Mahmud, R. M., Prawiyogy, A. G., Supriatna, I., & Ikhsan, M. H. (2020). Study on Implementation of Integrated Curriculum in Indonesia. IJORER : International Journal of Recent Educational Education, 1(1), 39–57. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.24.
Alhaddad, I., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2015). Enhancing Students’ Communication Skills through Treffinger Teaching Model. Journal On Mathematics Education, 6(1). https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1856.31-39.
Andrian, & Rusman. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116. 14-23.
Anjarsari, E. (2019). Faktor Permasalahan Pendekatan Saintifik 5M dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 12. https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.88.
Anugrah, D., Murwitaningsih, S., Sofyan, D. A., & Susilo, S. (2020). Model Pembelajaran Kreatif Treffinger terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi). https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.601.
Chai, C. S., & Kong, S.-C. (2017). Professional Learning for 21st Century Education. Journal of Computers in Education, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.1007/s40692-016-0069-y.
Chotima, M. C., Hartono, Y., & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1). https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.22375.
Dewi, N. W. I. S., Suarsana, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Masalah Autentik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika N. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 12(1). https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2495.
Dina, Z. H., Ikhsan, M., & Hajidin, H. (2019). The Improvement of Communication and Mathematical Disposition Abilities through Discovery Learning Model in Junior High School. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i1.6824.
Dwipayana, I. K. A. A., Parmiti, D. P., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD KELAS V. Journal of Education Technology Universitas Pendidikan Ganesha, 2(3), 87–94. https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16380.
El-Sayad, G., Md Saad, N. H., & Thurasamy, R. (2021). How Higher Education Students in Egypt Perceived Online Learning Engagement and Satisfaction during The COVID-19 Pandemic. Journal of Computers in Education, 8(4). https://doi.org/10.1007/s40692-021-00191-y.
Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995.
Hasanah, N. F., Nurtaman, M. E., & Hanik, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (Rte) terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Pinggir Papas 1 Sumenep. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 112. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i2.5195.
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2020). Character Education in Early Childhood Bbased on Family. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 2(1). https://doi.org/10.23917/ecrj.v2i1.6578.
Hasyim, M., & Eldiana, N. F. (2020). Eksperimentasi Model PBL dan PjBL Berbasis Schoology terhadap Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Efficacy. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika). https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1751.
Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity Journal, 1(1), 90–103. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.9.
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103.
Hurianti, B. F., & Tastra, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13107.
Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal AKSIOMA, 6(2), 234 – 245. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991.
Indrawati, F. (2015). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 215–223. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.126.
Indriyanti, I., Mulyasari, E., & Sudarya, Y. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 13–25. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i2.13256.
Islam Sarker, M. N., Wu, M., Cao, Q., Alam, G. M. M., & Li, D. (2019). Leveraging Digital Technology for Better Learning and Education: A Systematic Literature Review. International Journal of Information and Education Technology, 9(7), 453–461. https://doi.org/10.18178/ijiet.2019.9.7.1246.
Istiandaru, A., Istihapsari, V., Wardono, W., & Mulyono, M. (2015). Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Realistik-Saintifik dan Asesmen Pisa untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2670.
Izati, S. N., Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1122—1127-1127. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508.
Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 5(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792.
Jayadiputra, E., & Karim, A. A. (2020). 21st Century Competences in Civic Education Curriculum of Indonesia. 2nd Annual Civic Education Conference (ACEC 2019), 99–102. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.019.
Juanti, L., Santoso, B., & Hiltrimartin, C. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal Tatsqif, 14(2). https://doi.org/10.20414/jtq.v14i2.29.
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2017). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591.
Kismiantini, Setiawan, E. P., Pierewan, A. C., & Montesinos-López, O. A. (2021). Growth Mindset, School Context, and Mathematics Achievement in Indonesia: A multilevel Model. Journal on Mathematics Education, 12(2), 279–294. https://doi.org/10.22342/jme.12.2.13690.279-294.
Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Penugasan Aktivitas di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44.
Kusuma, J. W., Jefri, U., Hidayat, A., & Hamidah, H. (2015). Application of Treffinger Learning Model to Improve Creative Reasoning and Mathematical Problem Solving Skills as Well as Student Learning Interests. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2840.
Lestari, N. D. (2018). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri se-Kota Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1), 68–79. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2190.
Marlisa, L. (2019). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Telaah dalam Permendikbud 146 Tahun 2014 ) terhadap Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tumbuh Kembang : Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(2). https://doi.org/10.36706/jtk.v6i2.9895.
Masitoh, L. F., & Prasetyawan, E. (2020). The Effectiveness of Scientific Approach with Open-Ended Problem Based Learning Worksheet Viewed from Learning Achievement, Creative Thinking Ability, Interest, and Mathematics Self-Efficacy. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(3), 292. https://doi.org/10.26858/jds.v7i3.11874.
Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1412.
Miraza, R., Jufrida, J., & Pathoni, H. (2018). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(3). https://doi.org/10.26618/jpf.v6i3.1397.
Nenotaek, B., Sujadi, I., & Subanti, S. (2019). The Difficulties in Implementing Scientific Approach for Mathematics Learning. International Journal of Educational Research Review. https://doi.org/10.24331/ijere.628448.
Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019). Indonesia PISA Result and Impact on the Reading Learning Program in Indonesia. International Conference on Interdisciplinary Language, Literature and Education, 373–377. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77.
Nugrahanto, Septya, & Zuchdi, D. (2019). Indonesia PISA Result and Impact on The Reading Learning Program in Indonesia. International Conference on Interdisciplinary Language, Literature and Education (ICILLE 2018), 297(0), 373–377. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77.
Pamungkas, D., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622.
Puspita, P. M., Wirya, N., & Antara, A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan edia Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara di TK Catur Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7809.
Qusyairi, L. A. H., & Jannati. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.36088/palapa.v6i1.57.
Rahmadhani, E., Gradini, E., & Firmansyah. (2019). Literasi Matematika Siswa melalui Metode Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2). https://doi.org/10.22373/jppm.v3i2.7350.
Rahmayanti, A., Wibawa, B., & Khaerudin. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA melalui Pendekatan Saintifik. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 181–198. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.7790.
Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 235. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105.
Rohmah, S., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2020). The Effect of the Treffinger Learning Model on Mathematical Connection Ability Students Viewed from Mathematical Resilience. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(5). https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i5.1621.
Rusdin, N. M. (2018). Teachers’ Readiness in Implementing 21st Century Learning. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(4), 1271–1284. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v8-i4/4270.
Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik Kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633.
Sakliressy, M. T., Sunarno, W., & Nurosyid, F. (2021). Students Scientific Attitude in Learning Physics Using Problem Based Learning Model with Experimental and Project Methods. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v10i1.8347.
Sanderayanti, D. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 222. https://doi.org/10.21009/jpd.062.04.
Saryantono, B., & Nurdiana, A. (2018). Pelatihan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru SMA Adiguna Bandar Lampung. Adiguna: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 25–30. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00191269.
Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education. https://doi.org/10.1177/002205741619600202.
Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik dan Penilaian Auntentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2). https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683.
Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/GAUSS.V4I1.3129.
Suadnyana, I. N., Wiyasa, I. K. N., Ardana, I. K., Putra, D. K. N. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2017). Pelatihan Penyusunan RPP Tematik Integratif Menggunakan Pendekatan Saintifik bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus VIII Abiansemal Badung Tahun Pelajaran 2015/2016. International Journal Of Community Service Learning, 1(1), 63– 66. https://doi.org/10.23887/Ijcsl.V1i1.11908.
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39–54. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293.
Sumardjoko, B., & Musyiam, M. (2018). Model of Civic Education Learning Based on the Local Wisdom for Revitalizing Values of Pancasila (Bahasa Indonesia). Cakrawala Pendidikan, 37(2), 201–211. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18037.
Suparni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.716.
Suryani, N. K., Renda, N. T., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap Penguasaan Konsep IPA dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962.
Tanudjaya, C. P., & Doorman, M. (2020). Examining Higher Order Thinking in Indonesian Lower Secondary Mathematics Classrooms. Journal on Mathematics Education, 11(2), 277–300. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.11000.277-300.
Tias, A. A. W., & Wutsqa, D. U. (2015). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XII IPA di Kota Yogyakarta. Jurnal Reset Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7148.
Wachidi, W., Rodgers, A., & Tumanov, D. Y. (2020). Professional Competence Understanding Level of Elementary School in Implementing Curriculum 2013. International Journal of Educational Review, 2(1), 99–105. https://doi.org/10.33369/ijer.v2i1.10642.
Wakhidah, N. (2018). Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2). https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2950.
Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273.
Wati, Sumarwati, & Saddhono. (2019). Islamic Religious Values in Dhukutan Traditional Ceremony as Character Education for Elementary School Students. El Harakah, 21(1). https://doi.org/10.18860/el.v21i1.5615.
Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774.
Wirapathi, A., Candiasa, M., & Suryawan, P. (2019). The Development of Transformation Geometry Learning Edium with Scientific Approach as Effort to Improve The Understanding Concept Skill. Journal of Education Technology, 2(2), 76. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16185.
Wulandari, A. (2020). Implementation of The 2013 Curriculum Based on a Scientific Approach (Case Study at SD Cluster II Kintamani). International Journal of Elementary Education, 4(3), 422. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28172.
Zayyadi, M., & Subaidi, A. (2017). Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 10–15. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v8i2.61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)