Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Sway Berpengaruh terhadap Rasa Ingin Tahu dan Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.59927Keywords:
Time token, Rasa ingin tahu, Kompetensi pengetahuan IPSAbstract
Peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS masih kurang, sehingga berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran time token berbantuan media sway terhadap rasa ingin tahu siswa dan kompetensi pengetahuan IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD dengan jumlah 299 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran time token berbantuan media sway terhadap rasa ingin tahu siswa kelas V diperoleh (Fhitung sama dengan 23,573 lebih dari Ftabel 3,12). Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran time token berbantuan media sway terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V diperoleh (Fhitung sama dengan 23,573 lebih dari Ftabel 3,12) dan terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran Time Token berbantuan media Sway terhadap rasa ingin tahu dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V diperoleh sig. kurang 0,05. Simpulan model pembelajaran time token berbantuan media sway dapat memberikan pengaruh positif terhadap rasa ingin tahu dan kompetensi pengetahuan siswa dalam pembelajaran IPS.
References
Arfenti Amir, M., Salemuddin, R., Akhiruddin, Sriwahyuni, Jalal, Abdul, & Iskandar, M. (2022). The Application of Time Token Learning Technique in Improving Students’ Sociology Learning Activities. International Journal of Education and Humanities, 1(2), 95–107. https://doi.org/10.56314/ijoleh.v1i2.72.
Ariswati, N. P. E. A., Murda, I. N., & Arini, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 31–41. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13105.
Aryawan, Sudatha, & Sukmana. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Bai, L. D. Y. (2019). Comparison of Charity and Project-Based Service Learning Models on Knowledge Outcomes of Dietetic Students in a Community Nutrition Course. Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, 119(10), A124. https://doi.org/10.1016/j.jand.2019.08.082.
Candelia, N. K. C., Agung, A. agung G., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). The CRH-Type Cooperative Learning Model Assisted By Powerpoint Media On Students’ Social Science Knowledge Competencies. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 401–409. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i3.56013.
Candelia, N. Ka. C. C., Agung, A. A. G., & Ayu, I. G. A. (2022). The CRH-Type Cooperative Learning Model Assisted By Powerpoint Media On Students ’ Social Science Knowledge Competencies. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 401–409.
Dadi, A. F. P., & Kewa, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 357–366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.703.
Dewi, S. S., Acesta, A., & Purnomo, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik di Kelas. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2859 .
Diantari, K. A., Suniasih, N. W., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv Sdn Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Journal of Education Technology, 1(2), 198–203. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12505.
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.
Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17553.
Esposito, A. G., & Bauer, P. J. (2017). Going beyond the lesson: Self-generating new factual knowledge in the classroom. Journal of Experimental Child Psychology, 153. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jecp.2016.09.003
Fathurrohman, d. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama.
Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079.
Fauziah, S. R., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., & Hilma, A. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Berbantuan Media Kit Ipa Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 457–467. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2283.
Gandasari, N. (2021). Keefektifan Model Problem-Based Learning Berbantuan Microsoft Sway Terhadap Hasil Belajar PPKn. Joyful Learning Journal, 10(1), 37–41. https://doi.org/10.15294/jlj.v10i1.42761.
Grummich, P., Ganslandt, O., Buchfelder, M., & Roessler, K. (2017). Characterization of a Factual Knowledge–Associated Brain Memory Area by Functional Magnetic Resonance Imaging and Implementation in Tumor and Epilepsy Brain Surgery. World Neurosurgery, 107. https://doi.org/10.1016/j.wneu.2017.07.176.
Huda, K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Sejarah Melalui Aplikasi Sway Berkonten Indis Di SMP Negeri 8 Madiun. Historia, 5(2), 125–141. https://doi.org/10.24127/hj.v5i2.865.
Laelasari, I., & Adisendjaja, Y. H. (2018). Mengeksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium Inquiry Sederhana. Journal of Natural Science Teaching, 01(01), 14–19. https://doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.3879.
Mahriady, R., Nurdalilah, & Harahap, A. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Teorima Phitagoras. MathEdu (Mathematic Education Jurnal), 5(2), 1–4.
Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047.
Mariah, S., Febianti, Y. N., & Kurnia, M. D. (2020). Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Time Token. Journal of Education Action Research, 7(2), 222–230. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.54222.
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508.
Mayawati, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Group Investigation Pada Siswa Kelas VII-A Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Equilibrium, 10(1), 65–76. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i1.11937.
Mukhlas, A., & Muhammadiyah Hamka, U. (2023). The Influence of Microsoft Sway Media on Learning Outcomes in Natural Science Subjects in Grade V Students. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(1), 52–60. https://doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3661.
Nilayuniarti, N. P., & Semara Putra, D. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 445–456. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26043.
Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425.
Pratiwi, Y., & Ritonga, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Leaflet untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 276–281. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.521.
Purba, D. A., Purba, N. A., & Sianturi, C. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Time Token terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema Ayo Cintai Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8203–8214. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8010.
Puspita, E. I. (2021). Rancang Bangun Media E-Book Flipbook Interaktif Pada Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation, 1(2), 65–84. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.
Putra, A. R., Aka, K. A., & Saidah, K. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Microsoft Sway pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas V Sekolah Dasar. Sinkesjar, 2(1), 73–77. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p190.
Putra, M., Darsana, I. W., & Darmayanti, N. K. A. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 1(2), 145–152. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11607.
R, D. S. M., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata di SD. Mimbar Ilmu, 26(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617.
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361.
Rivai, I. N. A., & Wulandari, T. (2018). Perbedaan metode debat dan ceramah terhadap penguasaan konsep IPS ditinjau dari berpikir kritis siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.11181.
Riyani, N. L. V. E., & Wulandari, G. A. A. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V di SD No. 3 Sibanggede. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 285–291. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2046.
Saraswati, P. I., & Putra, M. (2020). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Sikap Ingin Tahu Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 8(1), 89–99. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24582.
Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076–4084.
Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2(1), 69–75. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33.
Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS. Garudhawaca.
Suastra, W. (2017). Pembelajaran Sains Terkini. Universitas Pendidikan Ganesha.
Suderajat, E., Herpratiwi, H., & Widodo, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Materi Pembelajaran IPS Terpadu Menggunakan Multimedia Interaktif Sway di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5323–5330. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3110.
Supriogi, S. (2020). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPS di Kelas IV pada SD Negeri 10 Kepahiang Dengan Model Pembelajaran Secara Kooperatif Course Review Hooray. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 169–181. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.169-181.
Suwantari, I. G. A. (2022). Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Semester I SD Negeri 3 Jagaraga. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 44–52. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566395.
Tamara, N. M. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 131–141. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402.
Tombokan, S. S. N. (2022). Pengaruh Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Pembentukan Kompetensi Sosial Siswa Kelas VI SD Negeri Se Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 24–32. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7321223.
Trisnadewi, N. K., Putra, M., & Ardana, I. K. (2020). Model Advance Organizer Berbantuan Media Grafis Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25152.
Umbara, I A Arieska Putri, Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154.
Umbara, Ida Ayu Arieska Putri, Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154.
Wardana. (2018). Peningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Standar Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kolegial Teknik Kunjungan Antar Kelas. Tarbawi, 15(1), 94–118. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.721.
Wardani, S. A., & Janattaka, N. (2022). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Tema 8 Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(4), 365–374. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jpm.v3i4.2035.
Wildaniyati, A., Mutmainah, M., & Indartini, M. (2023). Pelatihan Pengembangan Kompetensi dan Competitiveness Siswa Di Bidang Ilmu Sosial. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 131–135. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.892.
Yuniarti, D., Abadi, I. B. G. S., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Pengaruh Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kuta Utara Badung Tahun Ajaran 2017/2018. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16970.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kadek Ayu Mira Purnama Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)